Tak Ingin Degradasi ke Liga 2, Ini yang Harus Dilakukan Semen Padang

Senin, 25 September 2017 01:35 WIB
Kontributor: Taufik Hidayat | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Taufi/Indosport
Suhatman Imam (kanan), penasehat teknis Semen Padang FC. Copyright: © Taufi/Indosport
Suhatman Imam (kanan), penasehat teknis Semen Padang FC.

Nasib Semen Padang FC di kompetisi Gojek Traveloka Liga 1 tengah mendapat ancaman serius. Nihil kemenangan di tujuh laga terakhir membuat tim busutan Nilmaizar itu kini berada di peringkat 14 klasemen sementara dengan torehan 28 poin.

Mereka kini cuma berselisih enam poin dari Perseru Serui dan sembilan poin dari Persiba Balikpapan yang berada di zona degradasi. Hal tersebut pun mendapat sorotan dari salah satu legenda Semen Padang, Suhatman Imam.

© Taufik Hidayat/INDOSPORT.
Suhatman Imam bersama CEO PT KSSP dan jajaran pelatih Semen Padang. Copyright: Taufik Hidayat/INDOSPORT.Suhatman Imam bersama CEO PT KSSP dan jajaran pelatih Semen Padang.

Dipercaya kembali membantu tim Semen Padang sebagai penasehat teknis, Suhatman ternyata sudah memetakan bagaimana tim asuhan Nilmaizar tersebut bisa lolos dari jurang degradasi akhir musim nanti.

Menurutnya, untuk bisa memastikan tim Kabau Sirah tetap berlaga di kompetisi kasta teratas Liga Indonesia musim depan. Maka, menyapu bersih semua pertandingan kandang adalah hal wajib, sembari berharap bisa mencuri beberapa angka di markas lawan.

"Dengan sisa sembilan laga, Insya Allah kalau bisa mengambil poin maksimal di kandang, ditambah dua atau tiga poin di luar tim ini akan selamat (dari zona degradasi)," jelas Suhatman Imam, Sabtu (23/09/17).

© Taufik Hidayat/INDOSPORT
Para pemain Semen Padang berlatih di Stadion Batakan. Copyright: Taufik Hidayat/INDOSPORTSemen Padang nihil kemenangan di tujuh laga terakhir.

Untuk bisa melakukan hal itu, hal utama yang harus dibenahi Hengki Ardiles, dkk adalah kepercayaan diri untuk bisa memenangkan pertandingan. Selain itu, manajemen serta seluruh yang ada di dalam tim harus mulai berpikir realistis dan tidak mengejar target yang muluk-muluk.

"Kami harus melihat realita. Hadapi game per game, pertandingan per pertandingan. Disetiap pertandingan Semen Padang harus bisa memenangkan pertandingan. Pembenahan utama yang harus dilakukan adalah kepercayaan para pemain Semen Padang untuk bisa memenangkan  pertandingan," jelas pria yang akrap disapa Da Man itu.

Dia juga berharap, dengan ikut ambil bagian langsung di tim, ia akan bisa memberikan kontribusi yang positif terhadap tim.

"Mudah-mudahan dengan adanya saya akan terjadi hal yang positif. Pemain, pelatih, dan manajemen punya keinginan dan kemauan untuk bisa mencari poin dan menyelamatkan tim Semen Padang dari degradasi," pungkasnya.