Jelang TC Timnas U-19, Ini Kata Indra Sjafri Soal Pemanggilan Pemain

Selasa, 26 September 2017 21:22 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Agus Dwi Witono
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Indra Sjafri dan skuat Garuda Muda Indonesia. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Indra Sjafri dan skuat Garuda Muda Indonesia.

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri, akan kembali memanggil para pemain untuk menjalani pemusatan latihan yang dimulai akhir bulan ini. Tujuannya untuk mempersiapkan diri mengikuti kualifikasi Piala Asia U-19 di Korea Selatan akhir Oktober nanti. Meski demikian, Indra Sjafri tampaknya belum mau membuka siapa saja nama-nama pemain yang diikutsertakan pada training centre nanti.

Saat dikonfirmasi, Indra Sjafri memilih untuk tidak membocorkan berapa pemain yang akan dipanggil. Termasuk peluang masuknya pemain baru untuk menggantikan kiper Muhammad Riyandi yang tengah mengalami cedera parah. Riyandi mendapat cedera saat melawan Vietnam pada babak penyisihan Grup B Piala AFF U-19 awal bulan ini di Myanmar.

© Lanjar Wiratri/Indosport
Latihan Timnas U19 tanpa Indra Sjafri Copyright: Lanjar Wiratri/IndosportLatihan Timnas U19 tanpa Indra Sjafri

"Untuk tempat pemusatan latihan, kita belum tahu begitu juga dengan nama-nama pemain yang akan dipanggil. Nanti akan kita dirilis (diberitahu lebih lanjut)," ujar Indra Sjafri secara singkat saat dihubungi INDOSPORT. 

Berdasarkan keterangan induk sepakbola Indonesia, PSSI, para pemain Timnas U-19 rencananya akan berkumpul tanggal 27 September ini untuk melakukan pemusatan latihan. Namun ada kemungkinan jadwal tersebut diundur atau molor karena berbagai alasan. 

Mengenai tempat pemusatan latihan, Kota Batu, Malang disebut-sebut akan menjadi destinasi selanjutnya dari Timnas U-19. Sebelumnya, Skuat Garuda Nusantara telah menjajal berbagai kota seperti Yogyakarta, Jakarta, Tangerang, hingga Bali. 

"Planing-nya (pemusatan latihan) tanggal 27 September ini, tapi lokasi masih dibahas. Mungkin di Kota Batu atau bisa ada perubahan. Bisa jadi mundur juga, mungkin bisa ditanya langsung ke coach Indra yah," ujar salah sumber dari PSSI.

© Taufik Hidayat/INDOSPORT
Indra Sjafri memberikan instruksi di sesi latihan Timnas Indonesia U-19 di Stadion H Agus Salim. Copyright: Taufik Hidayat/INDOSPORTIndra Sjafri memberikan instruksi di sesi latihan Timnas Indonesia U-19 di Stadion H Agus Salim.

Sementara, khusus untuk Muhammad Riyandi, kemungkinan besar ia tidak bisa bergabung di pemusatan latihan berikutnya. Termasuk harus absen saat rekan-rekannya di Timnas U-19 mengikuti kualifikasi Piala Asia U-19 akhir bulan depan di Korea Selatan.

Pasalnya, sesuai hasil MRI di RS Shwe Gon Dine, Yangon, Myanmar awal bulan ini, Riyandi dikabarkan mengalami cedera Complete ACL Tear (Right) dan Tear Meniscus (Right). Diperkirakan butuh waktu 6 bulan bagi Riyandi untuk sembuh total. Dalam waktu dekat, Riyandi juga dikabarkan akan segera naik meja operasi untuk menyembuhkan cederanya dan semua pembiayaan ditanggung PSSI.

676