Kenangan Penjaga Gawang PS TNI Tonton Film G30S/PKI

Selasa, 26 September 2017 07:37 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Istmewa
Poster Film G30S/PKI. Copyright: © Istmewa
Poster Film G30S/PKI.

Masih terngiang dalam kenangan penjaga gawang PS TNI, Dhika Bhayangkara terkait kekejaman PKI dalam cuplikan film G30S/PKI. Baginya dari film tersebut dia mendapatkan pelajaran sejarah penting Indonesia.

Dhika dengan gamblang menceritakan pengalamannya ketika menyaksikan film G30S/PKI. Dia mengaku selalu menyaksikan film tersebut bersama sang ayah tercinta.

"Pernah waktu kecil pasti nonton film itu. Saya bareng bapak saya nonton, namanya saya masih kecil waktu itu bapak sekalian mengajarkan sejarah dan mengenalkan apa itu PKI," ucap Dhika kepada INDOSPORT, Senin (25/09/17).

"Ya namanya anak kecil melihat film itu kaya jahat, kejamnya PKI saat itu," tambah dia.

© Raditya Erwiyanto/INDOSPORT
Penjaga Gawang PS. TNI Dhika Bayangkara saat gagal menghalau tendangan penalti Rafael Maitimo. Copyright: Raditya Erwiyanto/INDOSPORTPenjaga Gawang PS TNI Dhika Bayangkara saat gagal menghalau tendangan penalti Raphael Maitimo.

Kini Dhika yang juga seorang prajurit TNI ini menyambut baik akan niatan pemerintah untuk kembali menyaksikan film tersebut. Baginya hal itu menjadi bahan pembelajaran sejarah.

"Setuju kalau sekarang kita nonton film itu. Soalnya di kesatuan juga ada seruan buat saksikan film itu. Kan sudah sejak lama tidak diputar," tandas dia.

Memang di era pemerintah Joko Widodo ada seruan untuk kembali memutar film tersebut. Bahkan ada wacana untuk revisi film tersebut.

174