Liga 1

Viking Serahkan Koin untuk PSSI ke Persib, Berapa Nilainya?

Rabu, 27 September 2017 19:30 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Ramadhan
© Arif Rahman/INDOSPORT
Viking Serahkan Koin Untuk PSSI ke Persib. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Viking Serahkan Koin Untuk PSSI ke Persib.

Perwakilan Viking Persib Club (VPC), Yana Umar dan Rudi Boseng menyerahkan uang sebesar Rp50 juta dalam bentuk koin kepada manajemen PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Rabu (27/09/17) sore.

Perwakilan Bobotoh ini disambut baik oleh Komisaris Utama PT PBB, Zainuri Hasyim dan Komisaris PT PBB, Kuswara S Taryono. Secara simbolis Bobotoh menyerahkan uang koin yang ada dalam kantong plastik, sedangkan dua drum uang koin lainnya di simpan di tempat parkir.

Koin tersebut merupakan hasil patungan Bobotoh dan masyarakat umum lainnya, setelah PSSI memberikan sanksi denda kepada Persib, karena Bobotoh dianggap melakukan pelanggaran dengan membuat koreografi bertuliskan Save Rohingya saat laga kandang kontra Semen Padang, 9 September lalu.

© Arif Rahman/INDOSPORT
Viking Serahkan Koin Untuk PSSI ke Persib. Copyright: Arif Rahman/INDOSPORTViking Serahkan Koin Untuk PSSI ke Persib.
© @footballindnews
Koreo Save Rohingya Persib Copyright: @footballindnewsKoreo Save Rohingya Persib

Yana menuturkan, aksi koin tersebut sebagai bentuk kekecewaan kepada PSSI yang menganggap Bobotoh melakukan pelanggaran, padahal koreografi tersebut merupakan aksi solidaritas untuk Rohingya.

"Kita sebagai Bobotoh walaupun bedegong (bandel) di lapangan, tapi kalau ada saudara yang menderita rasa kemanusiaan kita terbuka. Kita gak bisa lakukan apapun, kita bikin Save Rohingya dan saat dapat sanksi dari PSSI tergugah untuk udunan Koin PSSI," ucap Yana.

Yana menambahkan, aksi koin yang bekerja sama dengan Rumah Zakat ini berhasil mengumpulkan Rp150 juta lebih, sisa uang sekitar Rp 100 juta akan disalurkan langsung kepada Rohingya.

Dirigen Viking ini menambahkan, pihaknya sengaja memberikan koin ke pada Persib, karena dalam hal ini sanksi diberikan kepada Persib.

"Sekarang koin sudah sampai ke Persib, itu nanti terserah Persib, karena ini amanah dari Bobotoh, warga Bandung dan supporter lain juga, amanah ini kita sudah sampaikan ke Persib,"

"Kita lewat Persib gak ke PSSI, karena Persib menerima, kalau tidak kita akan antarkan langsung ke sana. Ini amanah jangan sampai uang ini gak jelas, Insha Allah ridho, masalah Persib mau disumbangkan ke mana itu terserah Persib, mudah-mudahan jadi amanah buat kita," ucap Yana.  

463