5 Gol Fantastis Peraih Puskas Award

Kamis, 28 September 2017 16:29 WIB
Penulis: Isman Fadil | Editor: Joko Sedayu
© Grafis:Yanto/Indosport/getty images
Cristiano Ronaldo, James Rodrguez, dan Faiz Subri Copyright: © Grafis:Yanto/Indosport/getty images
Cristiano Ronaldo, James Rodrguez, dan Faiz Subri

Puskas Award merupakan penghargaan yang diberikan oleh induk sepakbola dunia atau FIFA untuk pesepakbola seluruh dunia apresiasi di dalam menciptakan gol-gol berkelas. Nama Puskas Award diambil dari nama Ferenc Puskas, legenda pencetak gol terbesar sepanjang masa yang berasal dari Hungaria. 

© Internet
Caption Copyright: InternetFerenc Puskás

Penghargaan Puskas Award sendiri pertama kali diadakan pada tahun 2009 silam atas prakarsa mantan presiden FIFA, Sepp Blatter. Beberapa pesepakbola kenamaan pernah mendapatkan penghargaan tersebut, diantaranya adalah Cristiano Ronaldo, James Rodrigues, dan Neymar Jr. Bahkan pada tahun 2016 lalu, pemain Malaysia, Faiz Subri berhasil mendapatkan penghargaan tahunan tersebut.

Setidaknya ada tiga kriteria yang masuk nominasi Puskas Award, diantaranya adalah (1) gol tersebut harus indah (gol jarak jauh, hasil dari kerjasama tim, permainan individu, dll), (2) Bisa diberikan tanpa batasan yang artinya pada turnamen apa gol ini tercipta, jenis kelamin, dan kebangsaan sang pencetak gol, (3) gol tersebut tidak tercipa karena faktor keberuntungan, kesalahan atau bola pantulan rekan setim maupun lawan.

Dalam setaip periode, akan ada 10 gol yang masuk nominasi peraih Puskas Award. Masyarakat seluruh dunia pun bisa berpatisipasi dengan memilih gol-gol terbaik itu melalui website FIFA. Menariknya, hingga saat ini belum ada pesepakbola yang berhasil memenangkan dua penghargaan FIFA Puskas Award.

Dimulai dari tahun 2009, sudah ada delapan pemain yang berhasil meraih penghargaan `Goal of the Year` tersebut. Berikut INDOSPORT merangkum 5 gol spektakuler peraih FIFA Puskas Award.

3.8K