5 Stadion Indonesia yang Disulap Jadi Panggung Konser

Kamis, 28 September 2017 15:30 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Dok: Kemenpora
Desain wajah baru stadion GBK. Copyright: © Dok: Kemenpora
Desain wajah baru stadion GBK.

Sebagai pusat penyelenggaraan aktivitas olahraga khususnya sepakbola, sebuah stadion kerap dialihfungsikan untuk menjadi lokasi acara-acara akbar yang membutuhkan kapasitas besar. Salah satunya adalah konser musik. Namun tak jarang pula pemanfaatan stadion ini menjadi kontroversi di media karena banyak yang menganggap tak sesuai peruntukan dan takut merusak lapangan.

Kasus paling heboh barangkali saat Stadion Utama Gelora Bung Karno menjadi rebutan antara konser One Direction dan arena pertandingan Pra Piala Asia 2016. Jarak acara yang hanya berselisih dua hari membuat masyarakat khawatir rumput stadion akan rusak jelang dipakai laga.

© Herry Ibrahim/Indosport.com
Kondisi Terkini Stadion GBK. Copyright: Herry Ibrahim/Indosport.comKondisi terkini Stadion GBK.

Bahkan sang Menpora sendiri, Imam Nahrawi, menyayangkan penggunaan stadion untuk konser, alih-alih diutamakan untuk kegiatan olahraga. Padahal faktanya, pihak promotor konser tersebut mengaku sudah memesan GBK dari dua tahun sebelumnya.

FIFA sendiri memperbolehkan alih fungsi stadion seperti misalnya untuk festival atau konser musik. Bahkan mereka telah menyediakan persyaratan dan peraturan terkait fungsi stadion yang semestinya sudah menjadi perhatian pihak pemilik atau pendiri stadion sejak perencanaan.

Di luar negeri pun, penggunaan stadion sebagai venue konser sudah hal yang biasa. Misalnya saja Wembley Stadium sebagai markas Timnas Inggris, digunakan sebagai lokasi konser Metallica, Coldplay, hingga Madonna.

Berikut ini INDOSPORT sajikan lima stadion Tanah Air yang sempat, atau bahkan sering disulap menjadi panggung meriah konser-konser dari musisi dalam dan luar negeri.