Bobotoh Serahkan Sisa Koin Urunan untuk Etnis Rohingya

Jumat, 29 September 2017 06:16 WIB
Kontributor: Gita Agiet | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© INDOSPORT/Gita Agiet.
Perwakilan Viking Persib Club memberikan sisa dana kepada Rumah Zakat, untuk etnis Rohingya. Copyright: © INDOSPORT/Gita Agiet.
Perwakilan Viking Persib Club memberikan sisa dana kepada Rumah Zakat, untuk etnis Rohingya.

Salah satu komunitas suporter Persib Bandung, Viking Persib Club (VPC) kembali serahkan koin hasil urunan para bobotoh Persib. Sebelumnya, sebesar Rp50 juta sudah diberikan kepada PT Persib Bandung Bermartabat, kini koin sisa sebesar Rp39.636.100 diserahkan kepada Rumah Zakat.

Dirigen Viking, Yana Umar, mengatakan koin sisa yang disimpan di dalam beberapa karung plastik tersebut akan dititipkan ke Rumah Zakat untuk diberikan kepada kaum etnis Rohingya.

"Jadi koin ini sisa dari pembayaran denda. Yang untuk denda sudah dititipkan ke PT PBB, sisanya ini kita langsung berikan kepada Rumah Zakat," kata Yana di Viking Original Merchandise (VOM) Jalan Ahmad Yani Bandung, Kamis (28/9/2017).

Total, dikatakan Yana hasil urunan bobotoh Persib untuk kaum etnis Rohingya sebesar Rp165.158.431 bila ditambahkan dengan sumbangan yang langsung transfer ke Rumah Zakat.

"Dengan ini jadi tidak ada lagi sumbangan yang dititipkan kepada kami. Tapi bagi yang masih mau donasi, langsung saja ke Rumah Zakat, pihak Rumah Zakat juga sudah menyediakan nomor rekening," tuturnya.

© Arif Rahman/INDOSPORT
Viking Serahkan Koin Untuk PSSI ke Persib. Copyright: Arif Rahman/INDOSPORTKoin yang diserahkan oleh Viking Persib kepada PSSI.

Disisi lain, Mulyana Yusuf selaku pimpinan Rumah Zakat Jawa Barat membenarkan bahwa Rumah Zakat akan terus menerima bagi masyarakat yang ingin melakukan donasi untuk kaum etnis Rohingya.

"Kita akan menyalurkan sesuai dengan amanah yang diberikan. Dari mulai kebutuhan makanan hingga obat-obatan atau yang memang sesuai kebutuhan mereka," kata Yusuf.

Yusuf pun berharap program yang dilakukan bobotoh ini bisa menginspirasi kelompok atau masyarakat lainnya.

"Mudah-mudahan juga menjadi inspirasi bagi yang lain atau kelompok lain sehingga dapat menyebar kebaikan," pintanya.

94