Kapten Tsubasa di Dunia Nyata Ternyata Seorang Wanita, Siapa Dia?

Jumat, 29 September 2017 22:39 WIB
Editor: Ardini Maharani Dwi Setyarini
 Copyright:

Tidak ada yang menyangsikan kesohoran film kartun Kapten Tsubasa di Indonesia. Terutama buat pecinta sepakbola. Tsubasa dianggap salah satu tokoh fiktif yang cukup berhasil memberi hiburan bernuansa si kulit bundar di saat Indonesia pernah sangat kering prestasi di olahraga ini.

Dikutip dari Brilio, kartun ini juga diyakini memberi inspirasi sejumlah mega bintang dunia sepakbola seperti Fernando Torres, Lionel Messi, Zinedine Zidane, hingga Alessandro Del Piero.

Adalah Tsubasa Ozora yang menjadi nama tokoh utama. Seorang bocah beranjak remaja usia 11 tahun yang punya mimpi jadi kapten Timnas negaranya, Jepang, menuju Piala Dunia.

Dan ternyata Tsubasa benar-benar tokoh nyata, lho! Siapa dia?

Menurut pengarangnya yakni Takahashi Yichi, Tsubasa benar-benar ada. Ketika Yichi mencerminkan tokoh Tsubasa, dia melihat tokoh itu ada di jiwa kapten Timnas Wanita Jepang, Sawa Homare, yang mengantarkan Negara Matahari Terbit jadi juara di Piala Dunia Wanita 2011.

"Sawa adalah gambaran Tsubasa. Dia bermain sebagai kapten, mengenakan nomor 10, dan memimpin tim untuk menang di Piala Dunia. Pencetak gol terbanyak serta pemain terbaik. Dialah Tsubasa sesungguhnya," ujar Yichi. 

Ekspresi Sawa yang girang bermain bola serta menendang bersama rekan-rekannya juga menjadi perwujudan Tsubasa. Yichi benar-benar tak mengira jika di kehidupan nyata Tsubasa adalah perempuan. 

Homare Sawa announced her retirement on Wednesday. (Getty Images)
740