Bukan Klopp atau Nagelsmann, Tuchel Jadi Favorit Pelatih Baru Munchen

Sabtu, 30 September 2017 04:16 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© getty images
Thomas Tuchel. Copyright: © getty images
Thomas Tuchel.

Salah satu raksasa Bundesliga Jerman, Bayern Munchen, kemarin telah resmi memberhentikan Carlo Ancelotti dari kursi kepelatihan The Bavarians. Diberhentikannya pria berusia 58 tahun itu tak lepas dari performa buruk Robert Lewandowski dkk saat mengalami musim 2017/18.

Seperti yang kita ketahui, Munchen sendiri kini berada di peringkat ketiga klasemen sementara Bundesliga, dengan selisih tiga poin dari Borussia Dortmund, sang pemuncak klasemen. Ditahan imbang oleh Wolfsburg di kandang sendiri, serta kekalahan 0-2 dari Hoffenheim membuat mereka mau tak mau berada di posisi ketiga.

Belum lagi kekalahan telak yang mereka terima dari Paris Saint-Germain dalam penyisihan Grup B Liga Champions musim ini. Bertandang ke Parc des Princes pada Kamis (28/09/17) kemarin, Arjen Robben dkk dibantai tiga gol tanpa balas oleh Neymar dkk.

Beberapa nama pun mencuat untuk menakhodai skuat Munchen dalam mengarungi kompetisi, dari pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, hingga pelatih muda berbakat milik Hoffenheim, Julian Nagelsmann, pun dikabarkan siap untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh Don Carlo.

Namun sebuah media terpercaya asal Jerman, Sport Bild, mengabarkan bahwa Thomas Tuchel lah yang kemungkinan akan mengisi kursi kepelatihan Munchen nantinya. Dikabarkan, manajemen Munchen tengah melakukan pembicaraan kepada pria berusia 44 tahun tersebut.

Tuchel sendiri bukanlah orang baru di Bundesliga Jerman. Sebanyak empat klub Jerman pernah dilatihnya, dengan Borussia Dortmund menjadi klub yang mempopulerkan namanya.

© TF-Images/Getty Images
Pelatih Borussia Dortmund, Thomas Tuchel. Copyright: TF-Images/Getty ImagesPelatih Borussia Dortmund, Thomas Tuchel.

Selama dua musim dirinya menakhodai Die Borussien, tercatat dirinya hanya sekali memberikan gelar prestisius yakni gelar DFB Pokal musim 2016/17, mengalahkan Eintracht Frankfurt dengan skor 2-1.

Catatan statistiknya bersama Dortmund pun dibilang cukup apik. Terhitung, sebanyak 107 laga telah dilakoninya dengan kemenangan 69 kali, imbang 20 kali, serta 18 kali menelan kekalahan. Rata-rata poin yang ia peroleh yakni 2.12 per-game, yang menjadikan dirinya sebagai calon terkuat pelatih Munchen di musim ini.

Tuchel sendiri hingga kini masih berstatus pngangguran, pasca kontraknya diberhentikan oleh Dortmund pada 30 Mei 2017 kemarin.

348