Efek Sepakbola, Ini Faktor Spanyol Enggan Lepas Catalunya

Senin, 2 Oktober 2017 09:59 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

Referendum Catalunya saat ini menjadi pusat perhatian publik di seluruh dunia. Sebagaimana diketahui, masalah referendum Catalunya sendiri hingga kini masih menjadi perdebatan. Hal itu sebagai buntut dari keinginan Catalunya untuk memisahkan diri dari Spanyol.

Kondisi terkini di Catalunya sendiri masih panas pasca terjadinya konflik antara masyarakat yang ingin melakukan voting dengan aparat keamanan setempat. Sebab, Pemerintah Spanyol menentang pemungutan suara yang ingin dilakukan karena dianggap sebagai tindakan ilegal.

© David Ramos/Getty Images
Derby Catalonia, Espanyol vs Barcelona Copyright: David Ramos/Getty ImagesDerby Catalunya, Espanyol vs Barcelona.

Padahal Spanyol sendiri berulangkali menebar ancaman untuk Catalunya, salah satunya pada klub-klub sepakbola seperti Barcelona, yang terancam tak bisa ikut La Liga jika ngotot merdeka. Tentunya kekhawatiran Spanyol dengan lepasnya Catalunya didasari beberapa faktor.

Bahkan dari sisi olahraga sepakbolanya saja, Catalunya memiliki andil sangat besar dalam industri olahraga Spanyol. Tentunya dengan sederet alasan yang telah dihimpun INDOSPORT berikut ini, Spanyol enggan begitu saja melepas Catalunya.

3.2K