Liga Italia

Juventus Ditahan Imbang Atalanta, Allegri Salahkan VAR

Senin, 2 Oktober 2017 13:46 WIB
Penulis: Riris Putri Ridaprilia | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Getty Images
Massimiliano Allegri, pelatih Juventus. Copyright: © Getty Images
Massimiliano Allegri, pelatih Juventus.

Kemenangan beruntun Juventus di Serie A harus terhenti ketika Atalanta berhasil menahan imbang Bianconeri di Stadion Atleti Azzurri d'Italia dengan skor 2-2 pada Minggu (02/10/17) lalu.

Juventus sendiri sudah unggul 2-0 di menit ke-24 berkat gol dari Federico Bernardeschi dan Gonzalo Higuain. Namun, Atalanta berhasil menyamakan kedudukan lewat Mattia Caldara dan Bryan Cristante. Paulo Dybala nyaris membawa Juventus unggul di menit 84, tapi penaltinya gagal menembus hadangan Etrit Berisha.

© INDOSPORT
Paulo Dybala. Copyright: INDOSPORTPaulo Dybala.

Usai pertandingan, Allegri mengeluhkan penggunaan VAR (video assistant referee) yang cukup dominan dalam mempengaruhi keputusan wasit. Salah satunya terkait penganuliran gol Mario Mandzukic di menit 57.

Gol tersebut dianulir lantaran sebelumnya terjadi pelanggaran yang dilakukan bek sayap Juventus, Stephan Lichtsteiner, terhadap penyerang Atalanta, Alejandro Papu Gomez. Insiden tersebut sempat luput dari perhatian wasit sebelum tertangkap oleh VAR.

"Kalau kami mau sepak bola menjadi olahraga yang bukan lagi olahraga, maka silakan gunakan VAR di setiap insiden. Akan tetapi, kalau setiap momen dianggap penting, maka pertandingan nanti bisa memakan waktu tiga sampai empat jam," ujar Allegri kepada Mediaset Premium.

Dilansir dari ESPNFC, Allegri menganggap VAR sebagai perangkat yang penting namun hanya di beberapa situasi saja. “Saya pikir VAR adalah alat yang cukup penting, namun seharusnya hanya digunakan ketika memutuskan hal objektif saja. Jika tidak, mungkin pertandingan akan memakan waktu hingga tengah malam,” lanjutnya.

Dengan tambahan satu poin ini, Juventus kini tertinggal dari Napoli yang sukses menyapu bersih tujuh laga dengan kemenangan penuh. La Vecchia Signora diuntit Inter Milan di peringkat ketiga yang juga telah mengumpulkan 19 poin.

1