La Liga Spanyol

Lakoni Laga Tanpa Penonton, Valverde: Itu Situasi yang Aneh

Senin, 2 Oktober 2017 06:32 WIB
Penulis: Frederica | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© INDOSPORT
Ernesto Valverde. Copyright: © INDOSPORT
Ernesto Valverde.

Barcelona harus melakoni laga pekan ketujuh La Liga Spanyol 2017/18 tanpa penonton saat menjamu Las Palmas di Camp Nou pada Minggu (01/10/17) malam WIB. Sebelumnya, pertandingan itu sendiri sempat berada di ambang ketidakpastian dan terancam ditunda akibat kondisi di Catalunya yang belum kondusif di tengah ramainya referendum Catalunya.

Saat itu, pihak Barca dikabarkan sudah meminta kepada Federasi Sepakbola Spanyol untuk menunda laga itu. Sayangnya, permintaan tersebut tidak dikabulkan. Oleh karena itu, mereka pun tetap melaksanakan pertandingan tanpa penonton.

Tidak adanya penonton yang menyaksikan laga itu pun mendapatkan perhatian khusus dari pelatih Ernesto Valverde. Baginya, kosongnya stadion merupakan situasi yang aneh bagi semua orang.

Berbicara dalam konferensi pers pasca pertandingan, Valverde turut mengumbar bahwa ketidakpastian yang dialami oleh timnya kala itu pun berdampak pada kinerja para pemain.

© INDOSPORT
Kondisi Stadion Camp Nou yang kosong pada laga Barcelona kontra Las Palmas. Copyright: INDOSPORTKondisi Stadion Camp Nou yang kosong pada laga Barcelona kontra Las Palmas.

"Ini sudah menjadi hal yang sulit. Hal ini juga membuat situasi menjadi aneh untuk semua orang, rumit," ucap pelatih berusia 53 tahun itu, dikutip Soccerway (02/10/17).

"Kami semua tahu bahwa klub mencoba untuk menunda laga pertandingan. Tidak mungkin untuk menunda pertandingan dan kami pun bermain di pintu yang tertutup. Klub ingin memberikan isyarat kepada situasi yang sedang terjadi di Catalunya. Ini keputusan untuk klub di waktu yang sulit untuk semua dan tidak lebih."

"Ini rumit. Ini bukanlah situasi yang sederhana. Kami tidak terlalu focus dan memulai dengan irama yang sedikit. Kami berpura-pura bahwa kemarin semuanya tenang dan hormat dan sepertinya tidak demikian. Semoga semuanya akan kembali lagi tetapi saya bukan seorang politisi. Saya tidak tahu tentang hal ini," jelas pria asal Spanyol itu.

© INDOSPORT
Ernesto Valverde, pelatih Barcelona. Copyright: INDOSPORTErnesto Valverde, pelatih Barcelona.
603