Karier Lionel Messi Terancam di Tengah Kemerdekaan Catalunya

Selasa, 3 Oktober 2017 16:37 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Joko Sedayu
© INDOSPORT
Reaksi Lionel Messi usai gagal mencetak gol. Copyright: © INDOSPORT
Reaksi Lionel Messi usai gagal mencetak gol.

Pakar sepakbola Spanyol, Don Balon menyebut bahwa aksi yang tengah terjadi terkait kemerdekaan Catalunya punya pengaruh terhadap masa depan Lionel Messi di Barcelona. 

Barcelona merupakan salah satu kota terbesar di wilayah Spanyol. Setelah berlangsungnya referendum yang dilakukan pada akhir pekan lalu, bukan tidak mungkin ada daerah lain yang ingin merdeka dari Kerajaan Spanyol. 

© INDOSPORT
Kericuhan warnai Catalunya jelang laga Barcelona vs Las Palmas. Copyright: INDOSPORTKericuhan warnai Catalunya jelang laga Barcelona vs Las Palmas.

Dilansir Daily Star, Don Balon mengungkapkan bahwa dirinya bisa saja memperhitungkan status meragukan Barca yang kini berada di ranah La Liga. Jika Camp Nou tak bisa bersaing dengan divisi elit yang dimiliki Spanyol, hal itu mungkin saja akan membawa kejatuhan bagi bintang Barca, Messi. 

Liga Catalunya tentunya akan jauh dari persaingan dengan tingkat kompetitif yang tinggi. Blaugrana kemungkinan akan mampu meningkatkan kemampuan permainan mereka di tingkat Liga Champions. Dari peristiwa politik yang terjadi di Spanyol itu, tentu saja akan membawa dampak pula pada penurunan penghasilan yang akan diterima oleh Messi. 

La Liga memiliki kontrak iklan yang cukup besar angkanya dengan Messi, dan kesepakatan sponsor antara La Liga dengan pemain berusia 30 tahun itu tentu sana terkena dampak tak mengenakan dari peristiwa tersebut. 

Hal yang sama tentunya juga akan dirasakan oleh pemain bintang Barca lainnya seperti Luiz Suarez, Ousmane Dembele, atau Marc-Andre ter Stegen. Pasalnya para bintang tersebut punya bisnis yang serupa dengan Messi di luar lapangan. 

© Twitter Squawka News
Selebrasi pemain Barcelona. Copyright: Twitter Squawka NewsSelebrasi pemain Barcelona.

Blaugrana sendiri kemarin harus menghadapi kondisi tak mengenakan ketika berhadapan dengan Las Palmas di kandang sendiri. Hal tersebut masih berkaitan dengan referendum Catalunya. 

Kondisi Camp Nou sepi tanpa penonton saat mereka berhasil menekuk habis 3-0 Las Palmas. Laga tersebut memang dihelat bertepatan dengan pengambilan suara yang dilakukan oleh masyarakat di sana.

Sergio Busquets memecah kebisuan tuan rumah yang sepi pendukung hari itu lewat gol yang ia lesakkan ke gawang Las Palmas, disusul dua gol Messi pada 20 menit terakhir.