Lakukan Tindakan Rasis, Suporter Lazio Dihukum 1 Laga

Rabu, 4 Oktober 2017 04:58 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© INDOSPORT
Curva Nord Lazio. Copyright: © INDOSPORT
Curva Nord Lazio.

Aksi rasisme terjadi di Serie A Italia, di mana sekelompok pendukung Lazio yang berada di tribun utara (curva nord) menjadi pelakunya kali ini. Dilansir dari Soccerway, Lazio pun mendapatkan hukuman dengan bertanding tanpa dukungan para curva nord selama satu laga.

Diketahui, aksi rasis tersebut terjadi saat Lazio menjamu Sassuolo, dalam laga lanjutan Serie A pekan ketujuh. Bermain di Stadio Olimpico, Roma, skuat Simone Inzaghi berhasil memenangkan pertandingan dengan skor telak 6-1.

Sayangnya, kemenangan tersebut tercoreng lantaran aksi rasis yang dilakukan oleh para pendukung Lazio di tribun utara. Dikabarkan terdapat sekitar 2.000 orang melakukan perkataan rasis, dari 5.449 orang yang memadati tribun utara.

Hal tersebut pun terdengar oleh tiga perwakilan Federasi Sepakbola Italia yang berkunjung menonton pertandingan, yang mana kemudian diselidiki oleh pihak penyelenggara pertandingan. Hasil penyelidikan pun menemukan bahwa teriakan rasis itu dilontarkan kepada dua pemain Sassuolo, yakni Claud Adjapong dan Alfred Duncan, di menit 31 dan 77.

© INDOSPORT
Aksi dalam laga Lazio vs Sassuolo. Copyright: INDOSPORTAksi dalam laga Lazio vs Sassuolo.

Kejadian rasis ini bukan kali pertama untuk Lazio. Sebelumnya pada bulan Februari tahun lalu, Federasi Sepakbola Italia (FIGC) juga sempat menjatuhkan hukuman kepada rival sekota AS Roma tersebut karena melakukan aksi rasisme kepada bek Napoli, Kalidou Koulibaly.

Hal tersebut pun membuat FIGC menjatuhkan hukuman kepada Napoli berupa penutupan tribun utara selama dua laga, serta pemberian denda berupa uang dengan jumlah 50 ribu euro kepada klub.

121