Kerap Memantau, Milla Puji Performa Pemain Muda Timnas Indonesia

Kamis, 5 Oktober 2017 06:42 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Rizky Pratama Putra
© PSSI
Instruksi Luis Milla kepada para pemain Timnas Indonesia. Copyright: © PSSI
Instruksi Luis Milla kepada para pemain Timnas Indonesia.

Luis Milla memberikan pujian kepada para pemain muda usai laga uji coba Timnas Indonesia melawan Kamboja, Rabu (04/10/17) malam. Arsitek Timnas Indonesia ini menyatakan bahwa para pemain muda dan debutan telah mengadopsi instruksinya dengan baik sepanjang pertandingan.

Pada laga yang digelar di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi ini, setidaknya ada nama Ilham Udin Armayn, Septian David Maulana, Febri Hariyadi, dan Rezaldi Hehanusa yang dimainkan.

© INDOSPORT/Herry Ibrahim
Selebrasi Rezaldi Hehanusa usai mencetak gol kedua bagi Timnas Indonesia. INDOSPORT/Herry Ibrahim Copyright: INDOSPORT/Herry IbrahimSelebrasi Rezaldi Hehanusa usai mencetak gol kedua bagi Timnas Indonesia. INDOSPORT/Herry Ibrahim

Ilham merupakan salah satu debutan yang pertama kali melakoni laga bersama Skuat Garuda, sekaligus merasakan asuhan pelatih asal Spanyol ini. Sementara tiga nama lainnya telah merasakan didikan Milla saat bergabung bersama Timnas U-22.

"Saat pemain muda dipanggil maka mereka harus bisa menunjukkan apa yang kelebihan mereka," ujar Milla usai pertandingan.

© INDOSPORT/Herry Ibrahim
Salam dari para pemain Timnas Indonesia kepada para pendukung. INDOSPORT/Herry Ibrahim Copyright: INDOSPORT/Herry IbrahimSalam dari para pemain Timnas Indonesia kepada para pendukung. INDOSPORT/Herry Ibrahim

Hal ini juga tak lepas dari upaya Milla untuk memantau para pemain muda yang berlaga di kompetisi. Selain menyaksikan langsung, Milla juga kerap menonton aksi para pemain bidikannya melalui rekaman pertandingan atau melalui televisi.

"Saya beruntung bisa menganalisisa pemain muda di liga, saya bisa katakan saya hanya lihat langsung Persib, Persija, dan Bali (United), tetapi saya juga nonton lewat tivi dan memantau pemain muda potensial," tukas Milla.

Milla juga menyayangkan waktu latihan bersama yang cuma sebentar. Namun, Milla tetap memuji kemampuan para pemain bidikannya selama berkompetisi bersama klub yang mereka bela.

"Sayangnya saya tidak bisa latihan lama karena pemain muda juga main di liga. Tapi 7 bulan ini mereka menunjukkan kolektifitas tim dan individu yang bagus," ujar Milla.

Milla memang masih memiliki tugas berat yang menantinya bersama para pemain muda. Indonesia bakal menghadapi Asian Games 2018 yang mewajibkan negara peserta untuk menurunkan skuat U-23 dan hanya memperbolehkan 3 pemain senior di skuatnya.

983