Suriah 1-1 Australia: Gol Telat Omar Hidupkan Asa Suriah!

Kamis, 5 Oktober 2017 22:26 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© INDOSPORT
Omar Al Somah melakukan selebrasi pasca mencetak gol penyama kedudukan. Copyright: © INDOSPORT
Omar Al Somah melakukan selebrasi pasca mencetak gol penyama kedudukan.

Suriah menjamu Australia, dalam laga putaran final play-off Piala Dunia 2018 zona Asia. Pertandingan ini sendiri dibagi menjadi dua leg, yang mana kali ini Suriah terpaksa mengungsi ke Malaysia untuk melakukan laga leg pertama mereka di Stadion Hang Jebat, Melaka. Pada laga tersebut, keduanya bermain imbang 1-1.

Jalannya Pertandingan

Bermain di tempat netral membuat Australia mampu mendominasi akan jalannya pertandingan. Itu terlihat dengan hasil akhir pertandingan, yang mana The Socceroos mampu meraih angka sebanyak 63 persen dalam hal penguasaan bola.

Selain itu pertandingan kedua negara ini juga sangat sengit, terlihat dari banyaknya jumlah kartu kuning yang dikeluarkan oleh sang pengadil lapangan. Tercatat, sebanyak tujuh kartu kuning keluar dari saku wasit, yang mana tiga untuk Suriah dan empat untuk Australia.

Australia berhasil membuka keunggulan lebih dahulu saat babak pertama menyisakan waktu lima menit. Robbie Kruse mampu memaksimalkan umpan Mathew Leckie dan menjaringkan bola ke dalam gawang.

Tertinggal satu gol tak membuat pasukan Suriah putus asa. Keinginan mereka untuk tampil di pagelaran terbesar dalam olahraga sepakbola ini membuat mereka terus menerus melakukan tekanan kepada kubu lawan.

Usaha mereka untuk terus melakukan tekanan pun membuahkan hasil. Suriah berhasil menyamakan kedudukan di menit 85 melalui gol yang dicetak oleh Omar Al Somah dari titik putih, setelah pemain Australia melakukan pelanggaran di kotak penalti mereka.

Dengan hasil imbang ini, peluang untuk Suriah tampil di Piala Dunia masih terbuka walau laga leg kedua nantinya akan dimainkan di Allianz Stadium, Sydney, Australia, pada 10 Oktober mendatang.

Baik Suriah ataupun Australia yang lolos nantinya, mereka akan bertemu dengan peringkat keempat zona CONCACAF, untuk memperebutkan tiket grup Piala Dunia 2018.

Susunan pemain kedua tim:

Suriah: Ibrahim Alma; Moayad Ajan, Hadi Al Masri, Tamer Haj Mohamad, Mahmoud Al Mawas (Firas Al Khatib 76'), Khaled Mobayed, Zahir Midani, Yuosef Qalfa (Oday Al Jafal 46'), Fahd Youssef, Omar Khribin (Mardik Mardikian 80'), Omar Al Somah.

Australia: Matthew Ryan; Matthew Jurman, Aziz Behich, Trent Sainsbury, Joshua Risdon (Nikita Rukavytsya 63'), Milos Degenek, Mark Milligan, Mathew Leckie, Aaron Mooy, Robbie Kruse (Massimo Luongo 69'), Tomi Juric (Tom Rogic 83').

762