Diganjal 2 Tim Juru Kunci, Ini Dalih Pelatih Brasil dan Uruguay

Jumat, 6 Oktober 2017 17:32 WIB
Editor: Nindhitya Nurmalitasari
© FIFA
Bolivia sukses menahan imbang Brasil. Copyright: © FIFA
Bolivia sukses menahan imbang Brasil.

Laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona CONMEBOL baru saja rampung digelar pada Jumat (06/10/17) pagi WIB. Menariknya, dua pemuncak klasemen yakni Brasil dan Uruguay justru berhasil ditahan imbang oleh dua tim juru kunci.

Brasil yang kukuh di puncak klasemen harus rela ditahan tanpa gol oleh Bolivia yang berada di peringkat kedua terbawah. Neymar dan Gabriel Jesus tak mampu bermain gereget dan menjebol gawang kiper Carlos Lampe.

Pelatih Timnas Brasil, Tite, mengaku bahwa timnya cukup tertantang dengan kondisi venue. Mereka sendiri bertamu ke kandang Bolivia di Estadio Hernando Siles, La Paz, yang kurang lebih berada 3.600 meter di atas permukaan laut. 

"Bermain di sini sangatlah sulit. Secara strategi, saya sangat bahagia. Kami tegas dan ofensif. Saya ingin menekankan performa yang luar biasa ini. Saya bahagia dengan penampilan tim saya meski kecewa dengan hasilnya," kata Tite, dilansir dari Daily Mail.

Tite juga memuji kesigapan tim logistik dan medis. Pasca laga, Twitter Timnas Brasil juga sempat memperlihatkan Neymar dan kawan-kawan sedang menghirup gas dari selang oksigen untuk memulihkan kondisi.

© INTERNET
Caption Copyright: INTERNETTite, pelatih Brasil, merangkul salah satu pemain andalannya, Neymar.

Uruguay juga senasib dengan Brasil. Tim runner up klasemen yang diperkuat pemain sekelas Luis Suarez dan Edinson Cavani ini harus rela menuai hasil imbang saat lawan juru kunci, Venezuela.

Sama dengan Tite, pelatih Uruguay Oscar Tabarez juga mengaku cukup puas dengan penampilan timnya meski mandul gol saat lawan Venezuela. 

© gettyimages
Caption Copyright: gettyimagesPelatih Uruguay, Oscar Tabarez.

"Hasil 0-0 masih menyisakan kemungkinan bagi kami dan itu adalah hal yang penting. Kami bermain tidak terlalu bagus bila mengingat potensi yang kami miliki. Di akhir-akhir kami menciptakan beberapa peluang. Kami telah membaik di lini tengah," kata Tabarez, dikutip dari Goal.

Brasil sendiri sudah memastikan tempatnya di Piala Dunia 2018 dengan koleksi 38 poin. Pasalnya Selecao sudah jauh meninggalkan sembilan negara lainnya di Zona CONMEBOL. Sementara itu, Uruguay yang ada di posisi runner up dengan 28 poin masih harus menunda selebrasi mereka sementara ini.

375