Pasca Operasi, Ini Kondisi Teranyar Muhammad Riyandi

Sabtu, 7 Oktober 2017 18:01 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Galih Prasetyo
 Copyright:

Kiper Timnas Indonesia U-19, Muhammad Riyandi saat ini telah selesai melakukan operasi pasca cedera parah yang dialami di Piala AFF U-18 Agustus lalu. Kini kiper muda Barito Putera itu pun dikabarkan sudah mulai bisa menggerakan kakinya.

Pelatih Indra Sjafri menjelaskan operasi Riyandi berjalan sukses pada Kamis (05/10/17) di Jakarta dan anak asuhnya itu akan melakukan kontrol pada hari Minggu (08/10/17) dan dijadwalkan segera menjalani terapi pemulihan dalam jangka lima sampai enam bulan ke depan untuk memastikan kondisinya benar-benar pulih.

© Twitter@my_supersoccer
Muhammad Riyandi tampak sedikit bermasalah dengan tangannya. Copyright: Twitter@my_supersoccerMuhammad Riyandi tampak sedikit bermasalah dengan tangannya.

"Riyandi kemarin sudah operasi ACL dan berjalan lancar dan saya senang karena selesai operasi sadarnya cepat dan paginya dia sudah bisa gerakan kaki. Nanti tinggal kontrol Minggu ini dan kapan mulai dijadwalkan untuk terapi dan latihan ringan , mudah-mudahan Piala Asia bisa dimainkan," tutur Indra Sjafri saat preskon, Sabtu (07/10/17).

Pasca operasi, Dokter Timnas U-19, Ifran Akhmad menjelaskan Riyandi memang masih sedikit merasakan sakit. Hal itu dianggap wajar lantaran cedera yang dialami kiper asal Bogor, Jawa Barat itu cukup parah.

"Iya saat ini Riyandi sudah operasi dan memang masih merasakan sedikit sakit," bebernya saat dihubungi INDOSPORT.

Operasi tersebut memang dibutuhkan lantaran sesuai hasil MRI di RS Shwe Gon Dine, Yangon, Myanmar awal bulan ini, Riyandi dikabarkan mengalami cedera Complete ACL Tear (Right) dan Tear Meniscus (Right). Diperkirakan butuh waktu 6 bulan bagi Riyandi untuk sembuh total.

Sementara itu, semua pembiayaan sudah ditanggung oleh PSSI dan saat ini Riyandi sudah diinapkan di apartemen untuk menghemat jarak dan waktu apabila ia membutuhkan pertolongan. 

Dengan kondisi cedera tersebut, Muhammad Riyandi sudah dipastikan absen saat rekan-rekannya di Timnas U-19 mengikuti kualifikasi Piala Asia U-19 akhir bulan depan di Korea Selatan. Posisinya saat ini digantikan oleh Rakasurya Handika dan Adi Satrio.

1.4K