Andrea Pirlo Umumkan Pensiun dari Sepakbola

Minggu, 8 Oktober 2017 20:20 WIB
Editor: Nindhitya Nurmalitasari
© Indosport
Andrea Pirlo. Copyright: © Indosport
Andrea Pirlo.

Pesepakbola legendaris Italia yang pernah memperkuat di AC Milan dan Juventus, Andrea Pirlo, baru saja mengumumkan rencana pensiun dari dunia sepakbola. Hal itu dinyatakannya kepada salah satu media Italia, La Gazzetta dello Sport.

Gelandang yang kini bermain di Major League Soccer (MLS) akan segera gantung sepatu ketika kontraknya bersama bersama New York City FC telah rampung. Ini berarti ia akan berhenti pada akhir musim ini alias akhir tahun 2017 nanti.

"Saya menyadari waktunya sudah tiba," kata Pirlo kepada La Gazzetta dello Sport"Setiap hari ada saja masalah fisik, tidak bisa berlatih seperti yang diinginkan karena selalu ada halangannya," lanjutnya.

"Pada usia saya saat ini, itu sudah cukup. Itu bukanlah hal yang bisa terus dilakukan sampai usia 50 tahun. Saya akan melakukan hal yang lain," sambung Pirlo.

© Getty Images
Andrea Pirlo saat masih memperkuat Inter Milan. Copyright: Getty ImagesAndrea Pirlo saat masih memperkuat Inter Milan.

"Pada usia 38 tahun, ini adalah waktu yang tepat untuk memberi ruang pada pemain-pemain muda. Saya tidak marah. Malahan, saya akan memberi bantuan kepada rekan setim saya dan juga pada pelatih," lanjut pria yang pernah memperkuat Inter Milan itu.

Ketika ditanya mengenai rencananya ke depan setelah pensiun, Pirlo menyatakan masih memikirkannya. Ia juga belum mau mengonfirmasi kabar bahwa dirinya akan bergabung dengan Antonio Conte di Chelsea.

© Tim Clayton/GettyImages
Andrea Pirlo. Copyright: Tim Clayton/GettyImagesAndrea Pirlo sempat dirumorkan akan ke Chelsea.

"Saya akan melakukan hal yang lain, saya akan kembali ke Italia pada bulan Desember," terangnya. "Bekerja bersama Conte? Mereka mengatakan sesuatu, saya punya beberapa ide, tapi beri saya waktu untuk memutuskannya," tutup Pirlo.

Selama berkarier di Italia, pemain 38 tahun ini pernah meraih enam gelar juara Serie A dan dua trofi Liga Champions. Selain itu, ia juga sempat mempersembahkan trofi Piala Dunia untuk Tim Nasional Italia tahun 2006 lalu.

183