Jerman 5-1 Azerbaijan: Kemenangan Sempurna Der Panzer!

Senin, 9 Oktober 2017 03:55 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© INDOSPORT
Para pemain Timnas Jerman berselebrasi usai Leon Goretzka mencetak gol. Copyright: © INDOSPORT
Para pemain Timnas Jerman berselebrasi usai Leon Goretzka mencetak gol.

Jerman menjamu Azerbaijan dalam laga lanjutan Grup C kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa. Bermain di depan pendukungnya sendiri, Der Panzer berhasil memenangkan pertandingan dengan skor telak 5-1.

Babak Pertama

Pertandingan baru berjalan delapan menit, saat Leon Goretzka mencatatkan namanya di papan skor pertandingan. Dirinya berhasil memanfaatkan kemelut yang terjadi di kotak penalti Azerbaizan, dengan menceploskan bola menggunakan tumit kanannya. 1-0 Jerman memimpin.

Pasca gol tersebut, Jerman pun bermain lebih terbuka. Skuat Joachim Low mencoba untuk menambah pundi-pundi gol mereka, mengingat lawan yang berkunjung merupakan tim yang saat ini berada di posisi empat klasemen sementara Grup C

Keasyikan menyerang, seakan membuat Emre Can dkk lupa caranya bertahan. Hal ini terbukti dengan gol balasan yang diciptakan oleh kubu tamu setelah Ramil Sheydaev berhasil mengelabuhi beberapa pemain bertahan Jerman dan kiper Bernd Leno di menit 34. 1-1 Azerbaijan menutup babak pertama dengan skor imbang.

Babak Kedua

Tak ingin malu di hadapan pendukungnya sendiri, Jerman pun langsung tancap gas ketika babak kedua dimulai. Mereka mencoba menggempur lini pertahanan Azerbaijan guna mencuri gol dan kembali memimpin pertandingan.

Usaha mereka pun berbuah manis dengan terciptanya gol yang dicetak oleh Sandro Wagner di menit 54. Penyerang bernomor punggung 9 itu berhasil memanfaatkan umpan Julian Brandt menjadi sebuah gol. 2-1 Jerman memimpin.

Gol ketiga kembali tercipta setelah pemain Azerbaijan, Badavi Guseynov, melakukan gol bunuh diri di menit 64. Berawal dari tendangan pojok yang dilakukan Jerman, Badavi hendak menghalau bola yang mengarah kepada Rudiger. Sayang, sundulannya justru membuat bola berbelok dan masuk ke gawangnya sendiri. 3-1 Jerman menjauh.

Dua menit berselang, giliran Goretzka yang kembali mencatatkan namanya di papan skor. Dirinya berhasil memanfaatkan umpan Leroy Sane dari sisi kanan gawang Azerbaijan. 4-1 Jerman mendominasi akan jalannya pertandingan.

Terakhir adalah Emre Can yang menjadi pencetak gol terakhir Der Panzer pada pertandingan kali ini. Gelandang Liverpool itu berhasil mencetak gol melalui tendangan kerasnya dari luar kotak penalti. 5-1 Jerman memenangkan pertandingan.

Dengan kemenangan ini menandakan Jerman masih terlalu superior di Grup C kualifikasi Piala Dunia zona Eropa. Pasalnya, Thomas Muller dkk berhasil meraih poin sempurna, dengan 30 poin hasil dari 10 kemenangan dari 10 laga yang telah dilakoni.

Berikut starting XI kedua tim:

Jerman: Bernd Leno; Joshua Kimmich, Shkodran Mustafi, Niklas Sule; Julian Brandt, Leon Goretzka, Emre Can, Thomas Muller, Leroy Sane; Lars Stindl, Sandro Wagner.

Pelatih: Joachim Low.

Azerbaijan: Kamran Agayev; Tamkin Khalilzade, Ruslan Abishov, Badavi Guseinov, Magomed Mirzabekov; Qara Qarayev; Javid Huseynov, Richard Almeida, Rahid Amirquliev, Afran Ismayilov; Ramil Sheydaev.

Pelatih: Robert Prosinecki.

383