Argentina Hadapi Kondisi Buruk, Messi Masih Bisa Dipercaya?

Selasa, 10 Oktober 2017 19:15 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Galih Prasetyo
 Copyright:

Bekas pelatih timnas Argentina, Cesar Luis Menotti menyebutkan bahwa kehadiran Lionel Messi akan mampu menyelamatkan Argentina dari keterpurukannya selama kualifikasi Piala Dunia 2018. 

Argentina kini memasuki pertandingan akhir zona Amerika Selatan untuk meraih peluang mereka memperoleh tiket menuju Rusia dalam gelaran Piala Dunia 2018 nanti. Setidaknya kemenangan itu akan menjamin satu tempat di babak playoff intercontinental bulan depan, dan secara otomatis akan mengamankan tiket secara otomatis jika Peru berhasil menekuk Kolombia atau setidaknya imbang. 

© INDOSPORT
Lionel Messi (tengah) saat mendapat kepungan dari para pemain Timnas Peru. Copyright: INDOSPORTLionel Messi (tengah) saat mendapat kepungan dari para pemain Timnas Peru.

Ekuador telah kehilangan kemenangan dalam lima laga kualifikasi terakhir mereka dan kini posisi Ekuador telah berada di luar pertarungan lima besar. Argentina sendiri telah imbang dalam tiga laga berturut-turut dan baru berhasil mencetak satu gol. Tim arahan Jorge Sampaoli itu belum pernah menang juga di Quito sejak 2001. 

Namun Menotti yang membawa Argentina pada kemenangan pertama mereka di Piala Dunia 1978 silam yakin bahwa Messi akan mampu menjadi pemain yang membawa perubahan pada laga kontra Ekuador. 

"Memiliki Messi di tim ini adalah seperti memiliki seseorang yang akan mampu menyelamatkan Anda," ujarnya pada TyC Sports. Di mata Menotti, Messi adalah bonus yang dapat disimpan kapanpun. Baginya, sepakbola adalah sebuah perintah sekaligus petualangan. 

"Akan sangat membuat frustrasi untuk melihat pemain lain tak melihat Messi di Piala Dunia, bahkan tidak hanya dirinya sendiri," ungkap Menotti. 

© GI
Skuat Argentina hanya bisa tertunduk meratapi hasil seri melawan Peru. Copyright: GISkuat Argentina hanya bisa tertunduk meratapi hasil seri melawan Peru.

Ia menilai bahwa adanya Messi di piala dunia bersama dengan timnasnya akan menjadi sebuah bagian dari budaya. Ia melihat Messi seperti sebuah sihir, sama seperti Diego Maradona. 

Argentina hanya baru menang dari enam laga dibawah Sampaoli setelah pelatih itu menggantikan posisi Edgardo Bauza untuk mengubah nasib mereka dalam laga kualifikasi Piala Dunia ini. 

527