Kualifikasi Piala Dunia 2018

Brasil 3-0 Chile: Canarinho Tetap Tampil Perkasa

Rabu, 11 Oktober 2017 08:32 WIB
Penulis: Frederica | Editor: Yohanes Ishak
© INDOSPORT
Para pemain Timnas Brasil melakukan selebrasi. Copyright: © INDOSPORT
Para pemain Timnas Brasil melakukan selebrasi.

Tim Nasional Brasil melakoni laga pertandingan terakhir di babak Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona CONMEBOL dengan menjamu Chile di Allianz Parque. Meskipun sudah mengamankan satu tiket di Rusia, anak asuh Tite tetap bermain agresif dengan mengalahkan La Roja dengan skor 3-0.

Babak Pertama

Sejak wasit meniup peluit tanda kick off pertandingan, Alexis Sanchez dkk bermain dengan baik dan mencoba membuka keran gol mereka. Menit ketiga, Eduardo Vargas mampu memberikan perlawanan yang masih bisa diamankan oleh kiper Ederson Moraes.

Menit ke-11, lagi-lagi Chile mendapatkan peluang lewat Sanchez. Pemain bintang milik Arsenal itu mencoba melepaskan tembakan. Namun, Moraes dengan sigap mampu mengantisipasi tendangan itu.

Selang lima menit, gentian tim tuan rumah yang mendapatkan kesempatan lewat Gabriel Jesus. Mendapatkan umpan dari Paulinho, Jesus sebenarnya bisa melepaskan tendangan lewat sepakan kakinya. Namun dirinya malah memberikan umpan ke Neymar yang mampu diantisipasi oleh Claudio Bravo.

Tidak lama, Philippe Coutinho kembali mendapatkan peluang emas. Namun, usahanya dari luar kotak masih mampu diblokir dengan baik oleh kiper tim lawan.

Di menit ke-19, Timnas Chile mendapatkan kesempatan lewat tendangan bebas usai Alex Sandro melakukan pelanggaran. Sayangnya, Sanchez yang menjadi eksekutor tendangan bebas itu belum mampu memanfaatkannya dengan baik.

Beberapa kali tim tuan rumah dan tim tamu memberikan perlawanan tetapi belum ada yang mampu berbuah gol.

Menit ke-39, Jesus kembali mendapatkan peluang emas untuk mencetak angka pertama. Mendapatkan operan dari Renato Augusto, Jesus yang tidak mendapatkan penjagaan ketat pun tanpa ampun melepas tembakan. Sayang, Bravo masih mampu mengantisipasi sepakan dari Jesus.

Hingga turun minum, belum ada gol yang tercipta. Skor 0-0 mengakhiri paruh babak pertama.

Babak Kedua

Memasuki paruh babak kedua, para pemain Canarinho bermain lebih agresif. Terbukti, mereka pun mampu mencetak angka pertama di menit ke-55.

Saat itu, Timnas Brasil mendapatkan peluang setelah wasit memberikan tendangan bebas. Daniel Alves pun menjadi eksekutor dan mampu menunaikan tugas dengan baik.

Alves mampu memberikan tendangan melambung yang mengarah tepat ke depan gawang. Kiper Bravo sempat memblokir sepakan dari Alves, namun mampu dimanfaatkan dengan baik oleh Paulinho dan dikonversi menjadi gol. Skor menjadi 1-0.

Berselang dua menit, Little Canary kembali menambah keunggulan. Adalah Gabriel Jesus yang mampu mencatatkan namanya di papan skor.

Kala itu, Neymar menggiring bola mengarah tepat ke depan gawang lawan. Ketika berhadapan langsung dengan kiper, pemain termahal di dunia itu pun langsung mengoper ke Jesus yang dengan mudah membobol gawang yang tidak dijaga ketat. Skor menjadi 2-0.

Tertinggal dua angka membuat pemain Chile bermain lebih agresif. Namun belum ada tendangan yang mampu berubah menjadi angka.

Menit ke-70, Neymar kembali mencoba keberuntungannya lewat tendangan bebas. Sayang, bola hasil tendangannya belum mampu mencatatkan namanya di papan skor.

Selang sembilan menit, La Roja kembali mendapatkan kesempatan. Gary Medel nyaris saja mencetak angka pertama bagi timnya, namun gagal.

Pada babak perpanjangan waktu, Brasil kembali memaksa Bravo memungut bola dari gawangnya untuk yang ketiga kalinya. Jesus kembali mencatat namanya di papan skor saat laga memasuki menit ke-90+3.

Pemain milik Manchester City itu dengan mudahnya menceploskan si kulit bundar ke gawang yang tidak dijaga oleh Bravo.

Hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, tidak ada lagi gol yang tercipta. Skor 3-0 untuk kemenangan Canarinho.

Berikut starting XI kedua tim:

Brasil: Ederson Moraes, Daniel Alves, Marquinhos, Miranda, Alex Sandro, Paulinho, Casemiro, Renato Augusto, Philippe Coutinho, Gabriel Jesus, Neymar.

Pelatih: Tite.

Chile: Claudio Bravo, Jorge Valdivia, Jose Fuenzalida, Gonzalo Jara, Mauricio Isla, Charles Aranguiz, Gary Medel, Pablo Hernandez, Jean Beausejour, Eduardo Vargas, Alexis Sanchez.

Pelatih: Juan Antonio Pizzi.

2.7K