Piala Dunia 2018

Kegagalan Belanda Dianggap sebagai Karma oleh Fans Meksiko

Rabu, 11 Oktober 2017 12:11 WIB
Penulis: Frederica | Editor: Galih Prasetyo
© ESPN
Winger asal Belanda, Arjen Robben. Copyright: © ESPN
Winger asal Belanda, Arjen Robben.

Belanda harus menerima kenyataan pahit bahwa mereka tidak bisa merasakan kembali eurofia di Piala Dunia 2018 mendatang. Meskipun menang 2-0 atas Swedia, anak asuh Dick Advocaat hanya mampu mengamankan peringkat ketiga dan gagal berlaga di Rusia pada tahun depan.

Kegagalan tim Oranje untuk mengikuti kompetisi elite di dunia itu pun mendapatkan perhatian khusus dari para penggemar Tim Nasional (Timnas) Meksiko. Pasalnya, mereka seakan masih menyimpan dendam kepada Belanda yang telah mengalahkan The Tricolor pada Piala Dunia 2014 lalu.

Pada pertandingan yang berlangsung tiga tahun lalu itu, Meksiko harus kandas di tangan Belanda pada babak 16 besar. Saat itu, Oranje mampu menang dengan skor tipis 2-1 dan membawa mereka melaju ke babak perempatfinal.

Kini, kegagalan Belanda untuk kembali meraih catatan positif itu pun mendapatkan banyak pertanyaan dari berbagai pihak. Namun, bagi mahasiswa Meksiko bernama Jose Luis Mercado ini, hanya satu hal yang membuat Arjen Robben dkk tidak dapat berlaga di Rusia, yaitu karma.

© Istimewa
Suporter Belanda yang kecewa. Copyright: IstimewaSuporter Belanda yang kecewa.

Pernyataan itu diungkapkan olehnya bukan tanpa sebab. Mengutip dari ESPNFC (11/10/17), layaknya para penggemar Meksiko, Mercado merasa kecewa dengan penampilan Robben pada 2014 lalu, yang membuat sang wasit memberikan Belanda hadiah penalti.

Akibatnya, tim kebanggaan Mercado pun harus kalah usai gol penalti yang dicetak Klaas-Jan Huntelaar pada menit ke-90+4, sebagai gol kemenangan tim Oranje.

Pasca kejadian itu, Mercado pun selalu menuliskan komentar yang sama selama tiga tahun lebih, yang menyatakan bahwa itu bukanlah penalti. Dirinya pun turut me-mention FIFA, Asosiasi Sepakbola Belanda KNVB, Timnas Meksiko, dan juga Arjen Robben dengan tweet yang sama.

Usai Belanda dipastikan gagal berlaga di Piala Dunia 2018, Mercado pun kembali menuliskan komentar sindirannya. Lewat akun Twitter miliknya, @Josesomor26, dirinya tetap menuliskan komentar yang sama, hanya saja dilengkapi dengan meme.

Pada gambar itu terlihat foto dari Robben tengah berseragam Timnas Belanda. Mercado pun menambahkan beberapa tulisan.

"Semoga beruntung ke depannya. Berharap bertemu di Qatar… atau tidak," bunyi tulisan di dalam gambar.

Sementara itu, kepada media Mediotiempo (09/10/17), Mercado pun memberikan penjelasan mengapa dirinya menyebut kegagalan Belanda untuk berlaga di Piala Dunia 2018 merupakan sebuah karma.

"Saya percaya pada karma dan ini ada kaitannya dengan Belanda. Hal-hal terjadi untuk sebuah alasan dan saya pikir, setelah perilaku buruk Robben dalam melakukan diving untuk lolos ke babak selanjutnya (saat Piala Dunia 2014), sekarang mereka membayarnya dengan tidak melaju ke Piala Dunia 2018," jelasnya.

© Istimewa
Arjen Robben tertunduk di laga Belanda vs Swedia. Copyright: IstimewaArjen Robben tertunduk di laga Belanda vs Swedia.
879