Kepercayaan Diri Santos Bawa Portugal ke Piala Dunia 2018

Rabu, 11 Oktober 2017 10:49 WIB
Penulis: Frederica | Editor: Yohanes Ishak
© INDOSPORT
Pelatih Timnas Portugal, Fernando Santos. Copyright: © INDOSPORT
Pelatih Timnas Portugal, Fernando Santos.

Tim Nasional (Timnas) Portugal nyaris gagal mendapatkan satu tempat untuk berlaga di Piala Dunia 2018, jika di pertandingan akhir kontra Swiss tidak bisa dimenangkan oleh mereka.

Seandainya Cristiano Ronaldo dkk tidak bisa mengemas tiga poin tambahan, mereka hanya mampu menjadi runner up klasemen akhir Grup B Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Eropa. Hal itu membuat anak asuh Fernando Santos berkemungkinan mengikuti laga babak play-off untuk bisa berlaga di Rusia pada tahun mendatang.

© The Sun
Skuat Portugal merayakan kemenangan atas Swiss. Copyright: The SunSkuat Portugal merayakan kemenangan atas Swiss.

Namun kini, tim berjuluk Seleccao itu sudah bisa bernapas lega usai menjadi pemuncak klasemen Grup B. Pada pertandingan yang berlangsung Rabu (11/10/17) dini hari WIB, Portugal mampu mengalahkan Swiss dengan skor 2-0 lewat gol bunuh diri Johan Djourou dan sumbangan angka dari Andre Silva.

Menilik hal itu, pelatih Fernando Santos mengumbar bahwa dirinya tidak pernah merasa ragu bahwa timnya akan lolos ke Piala Dunia 2018.

© INTERNET
Caption Copyright: INTERNETFernando Santos.

"Saya selalu berpikir bahwa itu mungkin. Saya mempunyai kepercayaan diri pada pemain saya dan untungnya mereka memberikan saya hadiah ini," ucap pria berusia 63 tahun itu, dikutip dari ESPNFC (11/10/17).

"Ketika kamu mempunyai kualitas dan organisasi, Anda selalu dekat dengan kemenangan. Tim ini kembali bermain dengan baik, dengan penguasaan bola yang baik pula."

"Tidak semua 90 menit itu sempurna, tetapi untungnya kita menang dan berada di Rusia," jelas pria bernama lengkap Fernando Manuel Fernandes da Costa Santos tersebut.

"Terdapat hubungan sempurna antara pelatih dan pemain. Saya selalu percaya kepada pemain saya. Tidaklah mudah untuk mempunyai 25 pemain dengan pola pikir ini dan menciptakan lingkungan yang fantastis."

“Saya percaya kepada pekerjaan kami, pekerjaan dalam tim teknis dan dalam federasi. Kolaborasi inilah yang memberikan kami hasil ini," mantan pelatih Benfica itu menambahkan.

© INDOSPORT
Cristiano Ronaldo bersama dengan pelatih Portugal, Fernando Santos. Copyright: INDOSPORTCristiano Ronaldo bersama dengan pelatih Portugal, Fernando Santos.
353