UEFA Resmi Umumkan 'Kasta' dalam UEFA Nations League

Rabu, 11 Oktober 2017 20:08 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© SkySports
Logo UEFA. Copyright: © SkySports
Logo UEFA.

Tentu kita ingat akan rencana Federasi Sepakbola Uni Eropa (UEFA) dalam menciptakan sebuah turnamen bergengsi antar Eropa, untuk menghapus laga persahabatan di benua biru yang dinilai tidak berarti banyak dan mengurangi esensi fight for nation's pride, yang seharusnya menjadi ciri dari pertandingan antarnegara.

Turnamen bergengsi itu dinamakan UEFA Nations League, yang telah diperbincangkan mengenai wacana tersebut sejak awal 2011 lalu. Ide ini tercetus usai rangkaian rapat Top Executive Programme (TEP) yang membahas program kerja apa saja yang akan dijalankan komite UEFA National Team Competitions dalam waktu lima tahun ke depan.

Adapun wacana tersebut terpisah dari rapat UEFA General Secretaries di Stockholm tahun 2013 dan rapat strategi UEFA tahun 2014. Jadi bisa disimpulkan bahwa turnamen UEFA Nations League benar-benar murni pemikiran individu, yang diyakini usul pribadi Platini.

Dari hasil rapat demi rapat akhirnya terbentuklah format dan regulasi kompetisi yang diharapkan bisa menambah 'kegembiraan' saat laga internasional. Salah satunya yakni janji yang mengatakan bahwa empat tim terbaik akan mendapat tiket langsung ke Euro 2020.

© Christof Koepsel/Getty Images
Caption Copyright: Christof Koepsel/Getty ImagesUEFA.

Kini UEFA secara resmi telah membagi ‘kasta’ dalam Nations League tersebut, yang terbagi menjadi empat liga (A, B, C, dan D). Dalam masing-masing liga tersebut, nantinya terdapat empat grup yang diisi oleh beberapa tim. Jumlah tim berbeda di tiap liga yang ada.

Pembagian sendiri kabarnya didasarkan pada ranking UEFA per November 2017, atau sesaat setelah laga kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa. Maka tak heran kini UEFA telah merilis pembagian tim dalam empat liga tersebut.

Terlihat terdapat 55 negara Eropa yang ditelah ditempatkan ke dalam empat liga. Tim-tim besar macam Jerman, Portugal, Belgia, Spanyol, Prancis, Inggris, Italia, dan Belanda berada di Liga A. Mereka akan ditemani oleh Swiss, Polandia, Islandia, dan Kroasia.

© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
UEFA Nations League (Liga A). Copyright: Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORTUEFA Nations League (Liga A).

Adapun Liga B diisi oleh Austria, Wales, Rusia, Slovakia, Swedia, Ukraina, Irlandia, Bosnia dan Herzegovina, Irlandia Utara, Denmark, Rep Ceko, dan Turki. Baik di Liga A maupun Liga B nantinya akan terdapat empat grup, yang mana tiap grup diisi oleh tiga tim.

© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
UEFA Nations League (Liga B). Copyright: Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORTUEFA Nations League (Liga B).

Liga C yang diisi oleh Hungaria, Rumania, Skotlandia, Slovenia, Yunani, Serbia, Albania, Norwegia, Montenegro, Israel, Bulgaria, Finlandia, Siprus, Estonia, dan Lithuania sedikit berbeda dengan yang lainnya. Dalam liga tersebut, akan terdapat empat grup, yang mana satu grup diisi oleh tiga tim. Sisanya? Empat tim.

© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
UEFA Nations League (Liga C). Copyright: Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORTUEFA Nations League (Liga C).

Liga D paling ramai. Berisikan tim-tim sisa seperti Azerbaijan, Makedonia, Belarusia, Georgia, Armenia, Latvia, Kepulauan Faroe, Luxemburg, Kazakhstan, Moldova, Liechtenstein, Malta, Andorra, Kosovo, San Marino, dan Gilbratar ini akan terbagi dalam empat grup dan akan diisi oleh empat tim pula.

© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
UEFA Nations League (Liga D). Copyright: Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORTUEFA Nations League (Liga D).

Sebagaimana laiknya sebuah liga, operator turnamen juga memperkenalkan sistem degradasi. Tim-tim yang menempati zona relegasi akan turun kasta. Sementara tim-tim terbaik di tiap liga akan melaju ke babak knockout.

Dilansir dari situs resmi UEFA, pembagian grup sendiri akan dilakukan pada 24 Januari 2018 di Swiss. Pertandingannya pun dibagi menjadi beberapa bagian. Pertandingan antar grup akan dilakukan pada awal September hingga akhir November (jadwal disesuaikan seperti laga persahabatan pada umumnya).

© UEFA
Caption Copyright: UEFASkema dalam UEFA Nations League.

Sementara laga final UEFA Nations League akan dilakukan pada 5 hingga 9 Juni 2019.

4.7K