Dipecundangi Borneo FC U-19, Begini Dalih Pelatih Thailand

  • Timnas Thailand U-19 kembali menelan kekalahan dalam uji coba di Indonesia.
  • Setelah takluk 0-3 dari Timnas Indonesia U-19, giliran Borneo FC U-19 yang memberikan kekalahan kedua untuk Thailand U-19.
  • Atas rentetan hasil buruk tersebut, pelatih Thailand U-19 angkat bicara.
Kamis, 12 Oktober 2017 09:03 WIB
Penulis: Isman Fadil | Editor: Rizky Pratama Putra
© Petrus Manus Da'Yerimon/Indosport.com
Pelatih Tim Nasional (Timnas) Thailand U-19, Marc Alavendra Copyright: © Petrus Manus Da'Yerimon/Indosport.com
Pelatih Tim Nasional (Timnas) Thailand U-19, Marc Alavendra

Timnas Thailand U-19 belum mampu bangkit setelah dikalahkan Timnas Indonesia U-19 dengan skor 0-3 akhir pekan lalu, kini giliran Borneo FC U-19 yang sukses menuai kemenangan atas  juara Piala AFF U-18 2017 itu pada laga uji coba di Stadion Segiri, Samarinda, Rabu (11/10) malam. Pada laga itu Pesut Etam junior secara dramatis menang dengan skor 4-3.  

Borneo FC U-19 sempat tertinggal 1-2 di paruh pertama. Laga baru berjalan dua menit, pasukan Ricky Nelson sudah terlebih dahulu kebobolan lewat Pongsakorn Salee. Keunggulan Thailand tak berlangsung lama. Pada menit 22 Borneo FC menyamakan kedudukan lewat Abdul Hamid. Namun berselang enam menit kemudian, Thailand kembali unggul lewat Sakunchai Saengthopho.

Memasuki babak kedua, Borneo mencoba bangkit. Mereka akhirnya berhasil membalikkan kedudukan lewat dua gol yang dicetak N. Fadhil pada menit ke-49 dan 68. Thailand lantas membalas melalui Keeron Omchaipum pada menit ke-71. Secara dramatis, Borneo FC akhirnya mengunci kemenangan setelah bek mereka, Nurdiansyah, mampu mencetak gol pada menit ke-90.

Pelatih Thailand, Marc Alavedra, menegaskan laga uji coba di Indonesia bukan untuk melihat hasil atau skor. Lebih lanjut, pelatih berkebangsaan Spanyol itu justru memetik banyak pelajaran positif dalam lawatannya ke Indonesia menghadapi Timnas Garuda U-19 dan Borneo FC U-19.

"Kami sudah dapat kesempatan yang bagus untuk pemain dan kami bisa menunjukkan apa yang kami miliki. Target kami nanti adalah memilih pemain yang akan tampil di AFC Cup," kata Marc Alavedra dilansir dari Antara.

Usai melakoni uji coba di Samarinda, Timnas Thailand U-19 hanya memiliki waktu 10 hari sebelum melawat ke Mongolia untuk memainkan laga kualifikasi Piala AFC U-19 menghadapi Singapura. 

"Tanggal 26 oktober kami akan terbang ke Mongolia dan menyiapkan pemain sebaik mungkin. Ada 10 hari persiapan jelang lawan Singapura. Tapi, kami sudah ketemu di AFF kemarin, kami punya cukup waktu mempelajari lawan," pungkasnya.