Jurgen Klopp Pernah Tolak Tawaran Jadi Pelatih Man United?

Jumat, 13 Oktober 2017 07:54 WIB
Penulis: Frederica | Editor: Nindhitya Nurmalitasari
© INDOSPORT
Jurgen Klopp. Copyright: © INDOSPORT
Jurgen Klopp.

Beredar kabar bahwa pelatih Liverpool, Jurgen Klopp pernah menolak tawaran untuk menjadi pelatih Manchester United pada 2013 lalu. Saat itu, pelatih legendaris Sir Alex Ferguson memutuskan untuk pensiun dari kursi kepelatihan. Nama Klopp lah yang digadang-gadang akan menjadi penerus Ferguson.

Pada masa itu sendiri, pria berusia 50 tahun tersebut tengah mengarsiteki klub asal Jerman, Borussia Dortmund. Menurut laporan dari Telegraph (12/10/17), Klopp sudah diberitahu kemungkinan dirinya direkrut oleh Man United sebelum masa pensiunnya Ferguson diumumkan.

Namun tak disangka, saat itu pelatih asal Jerman tersebut menolak tawaran tersebut. Pasalnya, Klopp masih ingin membawa Dortmund meraih puncak kejayaan dan mengalahkan Bayern Munchen di Bundesliga Jerman.

Klopp pun juga mengumbar bahwa dirinya sudah berkomitmen kepada Die Borussen. Baginya, penawaran yang diajukan itu tidak dalam waktu yang tepat meskipun pihak Setan Merah mengungkapkan tawaran itu merupakan kesempatan sekali dalam seumur hidup.

© INTERNET
Pelatih Borussia Dortmund Jurgen Klopp, DFB Pokal 2013/14. Copyright: INTERNETJurgen Klopp saat masih menjadi pelatih Borussia Dortmund.

Setelah pria kelahiran Stuttgart itu menolak tawaran dari Tanah Inggris, dirinya pun diketahui memperpanjang kontrak dengan klub yang bermarkas di Westfalenstadion hingga 2018. Namun, pada akhir musim 2014/15, Klopp memutuskan untuk melepas jabatannya dan bergabung dengan Liverpool pada Oktober 2015 lalu.

Namun, di balik sikap penolakan Klopp itu, sebenarnya sang pelatih menyimpan mimpi untuk bisa menjadi pelatih The Red Devils sebelum akhirnya mendarat di Anfield Stadium. Hal itu diungkapkan oleh mantan pelatih Eckhard Krautzun.

© INDOSPORT
Eckhard Krautzun. Copyright: INDOSPORTEckhard Krautzun.

Krautzun dan Klopp diketahui pernah menjalin hubungan kerja sama saat masih sama-sama berada di Mainz 05. Saat itu, Klopp masih menjadi pesepakbola yang memperkuat Die Nullfunfer, sementara Krautzun menjadi pelatihnya.

Setelah Klopp memutuskan untuk gantung sepatu pada 2002 lalu, dirinya pun langsung menjadi manajer Mainz 05 menggantikan Krautzun. Pada masa itu, Klopp pun pernah mengatakan bahwa dirinya ingin menggantikan Ferguson di Old Trafford.

"Itu menjadi mimpinya untuk pergi ke Inggris suatu hari nanti dan klub favoritnya ialah Manchester United. Itulah yang dikatakannya," jelas Krautzun, dilansir dari Metro (11/10/17).

"Saya berkata, 'Jurgen Klopp, jika dia pergi, jika di ke Inggris, cintanya akan kepada Manchester United'."

© INDOSPORT
Jurgen Klopp, pelatih Liverpool. Copyright: INDOSPORTJurgen Klopp, pelatih Liverpool.
1.4K