Liga 1

Madura United 1-1 Borneo FC: Laga Panas Berakhir Imbang

Jumat, 13 Oktober 2017 20:36 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Hasil pertandingan Madura United vs Borneo FC. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Hasil pertandingan Madura United vs Borneo FC.

Babak I

Begitu wasit memulai babak pertama, Madura United langsung mengambil inisiatif dengan memainkan ball possesion dan merangsek secara perlahan ke lini pertahanan Borneo. 

Beberapa kali Greg maupun Bayu Gatra mendapatkan peluang bagus untuk melempaskan umpan, sayangnya akurasi yang dilepaskan belum sempurna.

Borneo FC juga tak tinggal diam, kombinasi kecepatan Terens Puhiri dan Lerby Eliandri cukup merepotkan pertahanan Madura United, meski masih bisa dihalau. 

Setelah banyak peluang dan usaha, Madura United akhirnya bisa mendapatkan kesempatan untuk mencetak gol. Melalui skema tendangan bebas, Slamet Nur Cahyo melepaskan umpan terukur ke pertahanan lawan. Secara tak terduga, Fachrudin kemudian muncul di sela-sela penjagaan bek Borneo dan menyundul bola tanpa bisa dihalau kiper Borneo, M. Ridho. Madura unggul 1-0 pada menit ke-33.

Selepas gol itu, permainan semakin terbuka, di mana Borneo mulai meningkatkan serangan. Kiper Madura, Angga Saputra harus jatuh bangun menahan serangan. Hingga akhirnya Angga harus ditarik keluar dan digantikan Harry Prasetya.

Pertandingan babak pertama sendiri berjalan cukup keras dengan banyaknya pelanggaran yang memaksa wasit asing harus menghentikan laga beberapa kali. Skor 1-0 pun bertahan hingga babak pertama usai.

Babak II

Masuk ke babak kedua, pertandingan semakin berjalan dengan tempo cepat dan cenderung keras. Madura yang unggul 1-0 terus berusaha menambah gol, namun selalu bisa dihalau lini tengah maupun belakang Borneo.

Keasikan menyerang, pertahanan Madura United kemudian lengah dan mampu dimanfaatkan oleh Borneo. Lewat sebuah serangan balik cepat, kerja sama antara Sultan Samma dan Terens Puhiri kemudian diakhiri sepakan keras Flavio Beck Junior yang menjebol gawang madura di menit ke-61.

Tensi pertandingan yang panas harus dibayar mahal oleh Madura United setelah Dane Milovanovic menerima kartu kuning kedua (kartu merah) lantaran protes keras yang dilakukannya. Setelahnya, kedua tim tampaknya tidak mengendurkan serangan.

Borneo FC yang unggul dalam jumlah pemain terus menekan melalui Terens, Sultan Samma hingga Shane Smeltz yang dimasukkan di babak kedua. 

Akan tetapi, Madura juga tak tinggal diam. Sapeh Kerab bahkan beberapa kali melepaskan tembakan ke arah gawang lewat Peter Odemwingie, Greg hingga Slamet Nur Cahyo. Sayangnya, usaha itu masih bisa dimentahkan tim tamu.

Hingga masa injury time, kedua tim tetap saling serang menyerah. Bahkan Madura yang kekurangan pemain hampir saja mencetak gol andai Bayu Gatra bisa mengkonversi assist Odemwingie di depan gawang yang kosong.

Susunan Pemain:

Madura United: 
Angga Saputro (GK), Asep Berlian, Fachruddin, Fabiano Beltrane(C), Guntur Ariyadi, Dane Milovanovic, Slamet Nurcahyo, Bayu Gatra, Greg Nwokolo, Rendy Siregar, Thiago Furtuoso.

Pelatih: Gomes de Olivera 

Borneo FC: 
Muhammad Ridho (GK), Abdul Rahman, Diego Michiels, Firdaus Ramadhan, Leonard Tupamahu, Yamashita Kunihiro (C), Flavio Beck Junior, Terens Owang, Lerby Eliandy, Patrick Wanggai, Sultan Samma.

Pelatih: Iwan Setiawan

241