Deretan Aksi Kekerasan pada Wasit di Liga Indonesia 2017

Sabtu, 14 Oktober 2017 16:14 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Ilustrasi kekerasan pada wasit. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Ilustrasi kekerasan pada wasit.

Dunia sepakbola Indonesia tak pernah sepi dari tindak kekerasan, entah kasus yang terjadi antar pemain, antar suporter, ofisial dan manajemen, dan bahkan kekerasan yang dilakukan pada sang pengadil lapangan. Kasus yang terakhir cukup sering terjadi, bahkan hingga saat ini di setiap level kompetisi nasional.

Para pemain, ofisial, hingga suporter yang sudah terpojok atau kesal, berani melampiaskan ketidakpuasannya pada wasit.

© INDOSPORT/Ghozi El Fitra
Para pemain Persis Solo saat memprotes hukuman dari wasit. Copyright: INDOSPORT/Ghozi El FitraPara pemain Persis Solo saat memprotes hukuman dari wasit.

PSSI sebagai induk sepakbola Indonesia, mencoba melakukan terobosan untuk memperbaiki kualitas wasit dan liga. Salah satu caranya adalah mendatangkan wasit asing di putaran kedua Liga 1 2017. Namun hal ini pun tak lantas menyelesaikan masalah.

Teranyar, wasit asing asal Iran yang memimpin laga Madura FC vs Borneo FC pada Jumat (13/10/17) semalam, menerima tendangan kungfu dari oknum tuan rumah yang kecewa. 

Nasib wasit Hasan Akrami itu pun bukan kali pertama terjadi di tahun ini. Berikut INDOSPORT rangkum deretan wasit malang yang mendapat tindak kekerasan di liga Indonesia sepanjang 2017.

111