Mantan Pelatih Man United Ungkap 'Kesalahan' Rekrut Fellaini

Sabtu, 14 Oktober 2017 12:31 WIB
Penulis: Frederica | Editor: Yohanes Ishak
© getty images
Marouane Fellaini. Copyright: © getty images
Marouane Fellaini.

David Moyes pernah mengarsiteki Manchester United pada 2013 lalu menggantikan Sir Alex Ferguson. Sayangnya, pria berusia 54 tahun itu hanya semusim menjadi pelatih Setan Merah.

Meneruskan tongkat kepelatihan dari juru taktik legendaris itu memberikan beban tambahan bagi Moyes. Hasilnya, dirinya pun nampak kesulitan membawa United ke puncak kejayaan.

© INDOSPORT
Sir Alex Ferguson. Copyright: INDOSPORTSir Alex Ferguson, pelatih legendaris Manchester United.

Pada Liga Primer Inggris musim 2013/14 saja, The Red Devils hanya mampu mengamankan peringkat ketujuh. Padahal di musim sebelumnya, saat masih berada di bawah tangan kepelatihan Ferguson, United mampu meraih titel juara.

Selain buruk dalam hal performa, pergerakan di bursa transfer Man United juga tidak berjalan dengan baik. Pasalnya, Moyes diketahui hanya mampu merekrut Marouane Fellaini.

Padahal, mantan pelatih Everton itu memiliki daftar pemain incaran yang ingin direkrut, seperti Gareth Bale, Cesc Fabregas, Ander Herrera, dan Thiago Alcantara. Nahas, Moyes tidak mampu mendapatkan tanda tangan kelima pemain saat itu.

© Getty Images
David Moyes memberikan instruksi kepada pemainnya di pinggir lapangan. Copyright: Getty ImagesDavid Moyes, mantan pelatih Manchester United.

Kini, Moyes pun memberikan penjelasan mengenai proses transfer yang buruk itu. Bahkan, kedatangan Fellaini ke Old Trafford bukanlah keinginan utamanya.

"Saya tidak pernah menginginkan Marouane Fellaini menjadi penandatanganan pertama saya di Manchester United. Itu adalah yang terakhir kali diinginkan saya dan staf saya," ucap pria asal Skotlandia itu, dilansir dari Sport Bible (14/10/17).

"Kami melihat Nemanja Matic dulu. Dia tidak bermain dengan baik di Chelsea dan kembali ke Benfica. Dia adalah pertimbangan dan kami memang membutuhkan lebih banyak tipe pemain defensif yang melakukan umpan dari tengah lapangan. Kami tidak mendapatkan banyak hal dari yang diharapkan dan mendapatkan Fellaini di hari terakhir."

© INDOSPORT
Nemanja Matic, gelandang bertahan Man United. Copyright: INDOSPORTNemanja Matic, pemain anyar Man United yang dulu diincar oleh David Moyes.

Ada pula Moyes juga turut menceritakan bagaimana Setan Merah dulu gagal dalam merekrut Gareth Bale dan Cesc Fabregas.

Moyes sudah beberapa kali melakukan pembicaraan dengan Bale dan mencoba meyakinkan sang pemain untuk bergabung ke Old Trafford. Namun sayangnya, saat itu sang pemain sudah jatuh cinta dengan Real Madrid. Sehingga pada September 2013 lalu pun dirinya hengkang ke Tanah Spanyol dari Tottenham Hotspur.

Berbeda dengan Bale, Cesc Fabregas sempat mengalami musim yang tidak baik bersama Barcelona. Sang pemain pun mengumbar akan bergabung dengan Man United seandainya tidak bermain di laga perdana musim baru bersama Barca.

Sayangnya, saat itu Fabregas pun dimainkan sehingga dirinya tidak jadi hengkang dari Camp Nou. Pada Juli 2014 lalu pun, pria berusia 30 tahun itu baru memutuskan pindah ke Tanah Inggris dan bergabung dengan Chelsea.

© INTERNET
Marouane Fellaini Copyright: INTERNETMarouane Fellaini.
1.7K