Liga 1

Perfomance Arema Menurun Disebabkan Masalah Gaji?

Selasa, 17 Oktober 2017 20:40 WIB
Kontributor: Ian Setiawan | Editor: Galih Prasetyo
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Selebrasi emosional Esteban Vizcarra, lantaran golnya di menit 81 menghindarkan Arema dari kekalahan. Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Selebrasi emosional Esteban Vizcarra, lantaran golnya di menit 81 menghindarkan Arema dari kekalahan.

Tahun 2017 tampaknya tak membawa hoki bagi Arema FC. Jika biasanya akrab dengan persaingan di jalur juara, tim berlogo kepala singa kini tengah berjuang berat untuk mengembaikan image-nya, setidaknya bisa finish di papan atas.

Dengan 42 poin di urutan ke-8, sepertinya memang sulit bagi Arema untuk finish sesuai target di tiga besar, alias zona kompetisi Asia. Tak ayal, target pun sedikit direvisi dengan berdasarkan rasionalitas.

"Bagi saya, target untuk tim adalah membawa Arema mencapai posisi terbaik di klasemen akhir," kata Joko Susilo, tanpa mau menyebut posisi tim yang ingin dituju di klasemen Liga 1.

© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Hasil pertandingan Arema FC vs PS TNI. Copyright: Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORTHasil pertandingan Arema FC vs PS TNI.

Target yang rasional, mengingat beratnya perjuangan jika memaksakan kehendak menuju tiga besar. Saat ini Arema terpaut 13 poin dengan PSM Makassar maupun Bali United di posisi tiga besar atau menuju kompetisi Asia tahun depan.

Maka dari itu, berbagai asumsi pun kemudian muncul sebagai penyebab mengapa performa Cristian Gonzales dkk menurun musim ini. Mulai pergantian pelatih di tengah kompetisi, hingga isu terlambatnya gaji pemain yang kembali mengemuka.

"Tapi saya tidak mau mengomentari hal-hal non teknis seperti itu (saat ditanya terlambatnya gaji). Itu urusan di luar saya," ungkapnya.

"Saya hanya akan menjelaskan hal yang bersifat teknis. Kalau yang lain, saya tidak bisa sampaikan," imbuh pelatih kelahiran Cepu, Kabupaten Blora Jawa Tengah tersebut.

Mencuatnya isu terlambatnya gaji pun mengemuka tak lepas akibat rangkaian hasil minor yang diperoleh Arema. Sejak takluk di markas Perseru Serui, tim berjulukan Singo Edan masih belum dapat kembali ke jalur kemenangan.

Dari dua laga, Esteban Vizcarra dkk hanya mengais sebiji angka. Imbang 1-1 kontra PS TNI melengkapi inferior Arema pasca takluk secara telak 1-6 di kandang Bali United dua pekan silam.

325