PSSI Panggil 6 Tim Kandidat yang Wakili Indonesia di Liga Champions Asia

  • PSSI menegaskan kepada klub Indonesia untuk dapat tampil di Liga Champions Asia harus memenuhi lisensi yang ditetapkan AFC.
  • Terkait hal ini PSSI telah memanggil enam tim yang berpeluang tampil di Liga Champions Asia.
Selasa, 17 Oktober 2017 13:21 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/Liga 1
Logo Liga 1. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/Liga 1
Logo Liga 1.

Induk sepakbola Indonesia, PSSI terus mempersiapkan wakil dari Indonesia untuk dapat berlaga di ajang Liga Champions Asia. Untuk hal ini pun PSSI memanggil enam klub yang memiliki peluang dapat tampil di ajang bergengsi tersebut.

Memang untuk dapat tampil di ajang kompetisi Asia, AFC mewajibkan setiap klub memiliki lisensi pro AFC agar bisa tampil.

Kini AFC memberikan tenggat waktu kepada Indonesia hingga 30 Oktober mendatang untuk setiap klub memiliki lisensi tersebut. Terkait hal ini, PSSI telah memanggil enam klub yang saat ini berada di posisi teratas Liga 1 terkait pengertian lisensi yang diterapkan oleh AFC.

"Kita sudah panggil enam klub yang dalam kalkulasi ada potensi juara di liga. Kita punya estimasi kita dapat jatah 2,5 atau 1,5. Dua AFC, satu play off championship. Dari 6 klub kita punya estimasi keenamnya bisa masuk ranking 1-3. Regulasi di AFC competition bahwa mereka yang tampil harus kantongi klub profesional dari AFC," ucap Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono.

Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono. Herry Ibrahim/INDOSPORT Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTWakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono. Herry Ibrahim/INDOSPORT

Keenam klub yang dipanggil oleh PSSI adalah Bhayangkara FC, Bali United, Madura United, Persipura Jayapura, PSM Makassar, dan Persija Jakarta. Jokdri sendiri memang memilik alasan pemanggilan keenam klub tersebut. Hal ini sebagai bentuk upaya PSSI untuk membantu mereka melengkapi lisensi yang dipinta AFC.

"Ini semua upaya PSSI untuk melakukan pendampingan kalau ada kesulitan. Kamis ada meeting lanjutan dengan enam klub tadi. Syukur-syukur keenamnya mendapatkan. Bukan kita menghalangi klub-klub yang lain untuk dapatkan, kita tetap support mereka," tutup pria yang kerap disapa Jokdri ini.