Berkaca Insiden 'Maut' Choirul Huda, Ini Cara Antisipasi Kiper Borneo FC

Rabu, 18 Oktober 2017 13:51 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
 Copyright:

Meninggalnya kiper Persela Lamongan, Choirul Huda memang menyisakan duka yang mendalam bagi insan sepakbola Indonesia. Bagaimana tidak, pemain berusia 38 tahun itu menghembuskan napas terakhir kala sedang berjibaku di atas lapangan.

Isiden maut itu bermula saat Persela menjamu Semen Padang, Minggu (15/10/17) lalu. Ketika itu pada penghujung babak pertama, Choirul Huda mengalami benturan keras dengan rekannya, Ramon Rodrigues.

Keduanya memang berniat mengamankan gawang Persela agar tidak kebobolan. Sayangnya, hal tidak terduga justru terjadi dan membuat Huda pergi untuk selamanya setelah sebelumnya sempat digotong dengan menggunakan ambulans.

Melihat kejadian tersebut, kiper Borneo FC, Muhammad Ridho ternyata memiliki cara pandang tersendiri. Menurut pemain kelahiran Pekalongan, Jawa Timur itu, seorang penjaga gawang harus lebih banyak berkomunikasi dengan pemain bertahan. Selain itu, saat keluar untuk perebutan duel bola udara, kiper harus memiliki perkiraan dan timing yang tepat.

© Tribun Solo
Muhammad Ridho. Copyright: Tribun SoloMuhammad Ridho.

"Harus pandai bicara sama bek, kalau perlu teriak yang keras. Tugas kiper juga berat. Selain harus jaga gawang tidak kebobolan, harus selalu menang kala duel bola atas. Sering striker lawan suka nakal mengganggu," ujar kiper 26 tahun itu.

Senada dengan Muhammad Ridho, kiper Sriwijaya FC, Sandi Firmansyah mengatakan insiden Choirul Huda menjadi pelajaran penting bagi pemain untuk meningkatkan koordinasi satu sama lain.

“Perlu dipertegas dengan komunikasi saja, supaya tidak terjadi benturan dengan pemain belakang,” tutup mantan pemain Gresik United tersebut.

 

Dari 1999 hingga berpulang tahun 2017, Choirul Huda hanya memperkuat Persela. Semenjak masih di Divisi II, secara bertahap, ia membawa Persela naik ke kasta tertinggi. Loyal! #choirulhuda #persela #RIP

A post shared by indosport.com (@indosportcom) on

756