Liga 1

Hattrick ke Gawang Persija, Boaz Solossa Cetak Rekor untuk Persipura

Rabu, 18 Oktober 2017 19:37 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© persipurapapua1963
Boaz Solossa berduel dengan Ismed Sofyan. Copyright: © persipurapapua1963
Boaz Solossa berduel dengan Ismed Sofyan.

Persipura Jayapura sukses mengemas tiga poin penuh kala menjamu Persija Jakarta di Stadion Mandala, Rabu (18/10/17). Adalah sang kapten Boaz Solossa yang menjadi aktor utama keperkasaan Mutiara Hitam dalam laga Gojek Traveloka Liga 1 pekan ke-30 ini.

Boaz membobol gawang Macan Kemayoran yang dijaga Andritany Ardhiyasa di menit 64, 85, dan 88. Hattrick ini pun membawa Persipura merangsek ke peringkat dua klasemen sementara Liga 1 dengan 58 poin.

© persipurapapua1963
Prisca Womsiwor dikawal ketat beberapa pemain Persija Jakarta. Copyright: persipurapapua1963Friska Womsiwor dikawal ketat beberapa pemain Persija Jakarta.

Namun selain itu, torehan Boaz menciptakan rekor tersendiri untuk timnya. Dengan total tiga pemain yang sukses menceploskan hattrick di musim ini, Persipura menjadi tim terbanyak yang mencetak trigol hingga kini.

Hattrick pertama Persipura musim ini dicetak oleh Friska Womsiwor. Pemain muda ini membobol gawang Mitra Kukar tiga kali dalam laga Liga 1 pekan ke-12 pada Juli silam. Bahkan ia menjadi pemain lokal pertama yang sukses mengemas hattrickSelanjutnya, Addison Alves merobek jala gawang Bali United yang dikawal Wawan Hendrawan pada Agustus lalu.

Torehan Boaz tersebut juga ternyata menjadi hattrick keduanya ke gawang Persija. Labbola melaporkan bahwa hattrick pertama pemain kelahiran Sorong itu dicetak pada sembilan tahun silam.

© persipurapapua1963
Para pemain Persipura Jayapura melakukan selebrasi dengan menunjukan kaus no 1 milik Choirul Huda. Copyright: persipurapapua1963Para pemain Persipura Jayapura melakukan selebrasi dengan menunjukan kaus no 1 milik Choirul Huda.

Hasil pertandingan kontra Ismed Sofyan dkk ini juga membuat Persipura sebagai tim pertama yang sukses menjebol gawang Andritany lebih dari dua kali di 2017.

Boaz kini berada di peringkat 14 sebagai top skor sementara Liga 1. Ia total mengoleksi sembilan gol, setara dengan lima pemain lainnya seperti Irfan Bachdim dan Ferdinand Sinaga. Sementara soal urusan assist, Boaz masih memimpin klasemen dengan total 12 umpan musim ini.

675