LIGA CHAMPIONS

Aroma Politik Akan Warnai Laga Barcelona vs Olympiakos

Kamis, 19 Oktober 2017 00:31 WIB
Penulis: Juni Adi | Editor: Joko Sedayu
 Copyright:

Barcelona akan menjamu tamunya, Olympiakos di Camp Nou dalam laga lanjutan Liga Champions 2017/18 pekan ke-3 pada Kamis (19/10/17) dini hari WIB.

Jelang laga tersebut, aroma politik isu kemerdekaan Catalan akan kental muncul di seluruh sisi stadion. Dilansir dari Marca, pesan politik tersebut akan bertema tiga kata yakni "dialog, hormat dan olahraga".

Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu menjelas arti tiga kata tersebut. Ia meminta pesan politik tersebut agar semua pihak yang terlibat dalam menyikpai hasil referendum Catalunya mau berdialog dan tetap menaruh hormat satu sama lain.

© INDOSPORT
Josep Maria Bartomeu. Copyright: INDOSPORTJosep Maria Bartomeu.

Namun, jika hal tersebut tetap dilakukan, tentu Barcelona berpotensi akan disanksi oleh UEFA karena menyusupkan politik ke dalam sepakbola, seperti yang pernah dilakukannya membentangkan bendera Catalan di ajang Liga Champions.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu masyarakat Catalan telah melakukan voting untuk menentukan masa depan mereka, apakah akan menjadi negara merdeka atau tetap berada di bawah Kerajaan Spanyol.

Proses referendum ini dianggap sebagai tindakan ilegal oleh pemerintah Spanyol. Kota Barcelona menjadi ricuh. Terjadi bentrokan antara warga dengan kepolisian Spanyol.