Belanda Totok yang Beri Pengaruh ke Sepakbola Indonesia

Kamis, 19 Oktober 2017 18:32 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© bbc.com
Pemain Hindia Belanda saat Piala Dunia 1938. Copyright: © bbc.com
Pemain Hindia Belanda saat Piala Dunia 1938.

Tentu, kita pasti pernah mendengar kiasan “Sepakbola Adalah Pemersatu Bangsa”. Para pendukung Tim Nasional akan besatu padu untuk mendukung negaranya, walau dirundung berbagai polemik yang tengah melanda di negeri tersebut.

Tak perlu jauh-jauh, kita sebagai warga negara Indonesia pun akan bersatu padu untuk memberikan dukungan kepada Skuat Garuda saat bermain di atas lapangan. Euforia itu pun tak memudar walau pertandingan tersebut ‘hanya’ sekelas laga persahabatan seperti saat menjamu Timnas Thailand U-19, beberapa minggu yang lalu.

Padahal, kita paham betul bahwa banyak pendukung fanatik klub-klub Indonesia yang kerap membuat keributan satu sama lain untuk membela timnya masing-masing. Namun, hal tersebut sirna ketika panggilan untuk mendukung Timnas Indonesia datang.

Tak hanya dari suporter saja, sepakbola dapat menumbuhkan jiwa nasionalisme warga Indonesia tanpa memandang suku etnis atau agama tertentu. Di dunia sepakbola, semua kalangan dapat bersatu untuk memperjuangkan nama bangsa di atas lapangan.

Munculnya sepakbola di Tanah Air sejatinya tak lepas dari peranan para orang-orang Belanda ketika masih berada di Bumi Pertiwi. Sudah beratus tahun lamanya, Indonesia mengenal akan olahraga kulit bundar nan terkenal ini.

Melihat hal ini, INDOSPORT akan mencoba merangkum dari berbagai sumber tiga orang Belanda totok yang memiliki peran besar dalam pembangunan sepakbola di Indonesia.