4 Legenda Sepakbola Indonesia yang Berdarah Tionghoa

Kamis, 19 Oktober 2017 11:39 WIB
Penulis: Frederica | Editor: Galih Prasetyo
© Indosport.com
Tan Liong Houw dan Thio Him Tjiang, legenda Timnas Indonesia keturunan Tionghoa. Copyright: © Indosport.com
Tan Liong Houw dan Thio Him Tjiang, legenda Timnas Indonesia keturunan Tionghoa.

Jika di dunia politik, beberapa pihak saling 'sikut' dengan menggunakan isu SARA, yang terbaru tentu saja soal pernyataan Gubernur DKI Jakarta yang baru, Anies Baswedan soal kata Pribumi yang menjadi polemik di tengah masyarakat, hal itu tidak berlaku di dunia persepakbolaan. Ketika di dunia politik, isu suku dan etnis menjadi topik hangat untuk saling menyudutkan pihak lain, berbeda dengan di dunia si kulit bundar. 

Persepakbolaan bisa dikatakan sebagai alat untuk menumbuhkan nasionalisme warga Indonesia. Di dunia sepakbola pula, segala perbedaan akan menjadi satu, khususnya etnis dan suku.

Dalam hal ini, tidak hanya warga asli Indonesia saja yang berperan penting dalam perkembangan sepakbola nasional. Warga Indonesia yang merupakan keturunan Tionghoa pun turut ambil bagian dalam memajukan persepakbolaan di Indonesia. Hal itu terbukti dari banyaknya para pemain keturunan Tionghoa yang menjadi pesepakbola di klub asal Indonesia, ataupun turut memperkuat Tim Nasional Indonesia.

Jika menengok pada masa kini, hal itu bisa ditemui pada diri salah satu pesepakbola milik klub ibu kota, Persija Jakarta. Adalah Sutanto Tan, yang merupakan pemain sepakbola keturunan Tionghoa.

Bermula pada 2015 lalu, saat Sutanto dipanggil oleh pelatih Aji Santoso untuk mengikuti Pelatnas Timnas U-23 menjelang Kualifikasi Piala Asia U-23 di Jakarta. Hal itu menjadi pembuktian bahwa tidak adanya perbedaan suku dan etnis di dunia si kulit bundar.

"Saya bangga bisa dipanggil Timnas sebagai seorang keturunan Tionghoa. Di sini, tidak ada perbedaan, semuanya sama dari Sabang sampai Merauke. Saya memang Cina, tapi jangan panggil saya Cina, karena hati saya untuk Merah Putih. Saya berharap bisa bertahan di sini dan ikut mengharumkan nama bangsa," ujar Sutanto saat itu, dilansir dari FourFourTwo (14/04/16).

© INTERNET
Gelandang Persija Jakarta Sutanto Tan Copyright: INTERNETGelandang Persija Jakarta, Sutanto Tan.

Namun, jauh berpuluh-puluh tahun lamanya sebelum muncul nama Sutanto Tan, ada banyak para pemain sepakbola keturunan Tionghoa yang sudah dikenal dengan luas di Indonesia berkat sumbangsihnya kepada persepakbolaan nasional.

Menilik hal itu, berikut ini INDOSPORT akan menyajikan empat pesepakbola legendaris Indonesia yang merupakan keturunan Tionghoa.

444