3 Persamaan Persib, AC Milan, dan Everton Musim Ini

  • Persib Bandung adalah tim besar sarat sejarah, yang telah dikenal oleh para pencinta sepakbola Tanah Air.
  • Begitu pula dengan AC Milan dan Everton, yang merupakan tim besar di negaranya masing-masing.
  • Berikut ini adalah tiga persamaan ketiga klub beda benua tersebut.
Jumat, 20 Oktober 2017 20:27 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Logo Persib Bandung, AC Milan, dan Everton. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Logo Persib Bandung, AC Milan, dan Everton.

Bagi para pencinta sepakbola di Tanah Air, siapa yang tak kenal dengan klub sekelas Persib Bandung, AC Milan, bahkan hingga Everton sekalipun. Nama pertama tentunya sudah melekat untuk para penggemar sepakbola Indonesia.

Klub kebanggaan Ibu Kota Bandung ini telah terkenal sedari dulu. Maung Bandung, julukannya, memiliki banyak sejarah di persepakbolaan Tanah Air. Terhitung Persib telah enam kali menjuarai kompetisi teratas liga Indonesia.

Dahulu saat masih bernama Perserikatan, Persib Bandung sempat menjadi Raja Sepakbola di Tanah Air pada tahun 1939, 1961, 1986, 1989/90, dan 1993/94. Kemudian saat berubah nama menjadi Liga Indonesia Premier Division, Persib kembali menjadi juara di musim 1994/95. Maung Bandung kembali juara di tahun 2014 ketika liga bernama Indonesia Super League (ISL).

Skuat Persib Bandung di laga melawan Bhayangkara FC. Copyright: Arief R/INDOSPORTSkuat Persib Bandung.

Bila Persib adalah klub sarat sejarah dari Indonesia, maka AC Milan adalah klub sarat sejarah asal Italia. I Rossoneri terhitung menjadi klub kedua terbanyak, bersama Inter Milan, setelah Juventus dalam hal raihan gelar Serie A Italia.

AC Milan telah memenangkan 18 gelar Serie A Italia, terhitung sejak musim 1909/10 yang mana menjadi awal gelar pertama klub berseragam hitam-merah tersebut dapatkan. AC Milan juga menjadi tim Italia tersukses dalam hal raihan gelar Liga Champions. Hingga saat ini, belum ada klub asal Italia yang mampu menyaingi tujuh Piala Si Kuping Lebar milik mereka.

Paolo Maldini berperan dalam memberikan gelar Liga Champions 2006/07 untuk AC Milan. Copyright: INDOSPORTPaolo Maldini berperan dalam memberikan gelar Liga Champions 2006/07 untuk AC Milan.

Sementara Everton? Ya, klub asal Inggris ini memang tidak sementereng AC Milan atau Persib, bila dihitung dalam raihan gelar juara. Tercatat mereka ‘hanya’ mampu meraih sembilan gelar Liga Inggris (ketika itu belum berganti nama menjadi Liga Primer Inggris), itu pun diraih di masa lampau.

Namun, Everton menjadi cikal bakal lahirnya salah satu klub tersukses di Tanah Inggris saat ini, Liverpool. Bila tidak ada pertikaian di dalam tubuh internal Everton kala itu, maka Liverpool tidak akan tercipta hingga saat ini.

Para pemain Everton tepuk tangan sebagai bentuk apresiasi kepada para fans. Copyright: INDOSPORTPara pemain Everton tepuk tangan sebagai bentuk apresiasi kepada para fans.

Selain persamaan tersebut, terdapat beberapa persamaan ketiga tim tersebut di musim ini. Melihat hal ini, INDOSPORT mencoba merangkum beberapa persamaan tiga tim beda benua itu di musim ini.