Daftar Rangking UEFA: Duo Manchester Kalahkan Real Madrid

  • UEFA telah merilis peringkat terbaru koefisien klub-klub Eropa musim 2017/18 per Oktober 2017.
  • Manchester United dan Manchester City berhasil menempati posisi teratas rangking UEFA.
  • Juara Liga Champions musim lalu, Real Madrid turun ke peringkat 8
Jumat, 20 Oktober 2017 08:03 WIB
Penulis: Isman Fadil | Editor: Joko Sedayu
© INDOSPORT
Manchester United dan Manchester City sukses meraih 3 kemenangan dari 3 kemenangan pertama fase grup Liga Champions musim ini. Copyright: © INDOSPORT
Manchester United dan Manchester City sukses meraih 3 kemenangan dari 3 kemenangan pertama fase grup Liga Champions musim ini.

UEFA telah merilis peringkat terbaru koefisien klub-klub Eropa musim 2017/18. Ada banyak kejutan yang terjadi, seperti Manchester United dan Manchester City berhasil menempati posisi teratas daftar rangking mengungguli para rival beratnya di Eropa.

Salah satu indikator yang membuat duo Manchester menempati  posisi teratas adalah performa impresif mereka di Liga Champions. Baik United maupun City sama-sama meraih kemenangan sempurna di tiga laga awal fase grup Liga Champions musim 2017/18. Mereka memperoleh jumlah poin yang sama yakni 10.000 poin.

Para pemain Manchester City berselebrasi. Copyright: INDOSPORTPara pemain Manchester City berselebrasi.

Sementara itu dua klub besar Eropa lainnya, yaitu Barcelona dan Paris Saint-Germain harus puas membuntuti dua klub dari Liga Primer Inggris itu. Azulgrana berada di peringkat 3 sementara PSG menempati posisi 4.

Secara mengejutkan, juara Liga Champions musim lalu, Real Madrid mengalami penurunan di rangking UEFA setelah ditahan imbang Totteham Hotspur. Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan menduduki peringkat 8 bahkan posisi mereka kalah dengan klub Turki, Besiktas yang menmpati posisi ke-5.

Real Madrid vs Tottenham Hotspur. Copyright: INDOSPORTReal Madrid vs Tottenham Hotspur.

Meski begitu Los Blancos tetap menempati posisi teratas di rangking UEFA dengan 157.685 poin berdasarkan penilaian peforma di Liga Champions lima musim terakhir.

Berikut daftar ranking UEFA musim 2017/18 (20 besar).

Rangking UEFA musim 2017/18 Copyright: uefa.comRangking UEFA musim 2017/18

Rangking UEFA 5 musim terakhir

Rangking UEFA 5 musim terakhir. Copyright: uefa.comRangking UEFA 5 musim terakhir.