Jelang Lawan Persid Jember, Pemain Timnas U-19 "Blusukan" ke Sekolahan

Jumat, 20 Oktober 2017 22:39 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Agus Dwi Witono
© INDOSPORT/Herry Ibrahim
Pemain Timnas U-19 berselebrasi. Copyright: © INDOSPORT/Herry Ibrahim
Pemain Timnas U-19 berselebrasi.

Timnas U-19 dijadwalkan melakukan uji coba melawan Persid Jember, Sabtu (21/10/17). Sebelum melakukan pertandingan tersebut, rombongan Timnas U-19 melakukan kegiatan sosial dengan mengunjungi beberapa sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA) di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Jumat (20/10/17).

Skuat Garuda Nusantara mengunjungi SMP Negeri 7 Jember, SMP Negeri 5 Jember, SMA Negeri 2 Jember, SMA Muhammadiyah 3, SMAK Santo Paulus, SMA Negeri 1 Jember, dan SMA Negeri 5 Jember. Asisten pelatih Timnas U-19, Guntur Cahyo Utomo, menjelaskan tujuan rangkaian kegiatan itu adalah untuk memberikan motivasi kepada para pelajar di wilayah Jember. 

© INDOSPORT/Herry Ibrahim
Pemain Timnas U-19 berselebrasi. Copyright: INDOSPORT/Herry IbrahimPemain Timnas U-19 berselebrasi.

"Kedatangan kami ke sekolah-sekolah di Jember untuk memberikan motivasi kepada para pelajar, agar semangat menggapai cita-cita di bidangnya masing-masing," ujar Guntur Cahyo.

"Kami berbagi pengalaman dan memberikan semangat khususnya para atlet di SMP Negeri 7 Jember untuk giat belajar, bekerja keras, dan berdoa untuk mewujudkan cita-citanya. Sehingga kehadiran Timnas di sekolah dapat memotivasi mereka," sambung dia.

Selain itu, Guntur Cahyo berharap kedatangan Timnas U-19 dapat memberikan pengaruh positif untuk kemajuan persepakbolaan di Kabupaten Jember. Suatu saat nanti diharapkan ada bibit muda dari Jember yang bisa bergabung dengan Timnas.

Tak hanya itu, Guntur juga memohon doa dari seluruh siswa agar Timnas U-19 diberikan kemudahan saat mengikuti kualifikasi Piala Asia U-19 di Korea Selatan akhir bulan ini. 

"Timnas juga memohon doa restu karena kedatangan Timnas di Jember juga dalam rangka persiapan pertandingan babak kualifikasi melawan Korea Selatan, sehingga dukungan dan doa warga Jember juga dibutuhkan," lanjut Guntur.

© Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORT
Indra Sjafri dan Timnas U-19 saat melakoni latihan. Copyright: Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORTIndra Sjafri dan Timnas U-19 saat melakoni latihan.

Pemain Timnas U-19 Witan Sulaiman pun mengaku senang bisa mengunjungi SMP Negeri 7 Jember dengan bertemu para pelajar. Hal itu menjadi suntikan motivasi, terutama atlet sepakbola di sekolah setempat.

"Kami senang bisa memberikan motivasi kepada adik-adik pelajar dan sambutannya sangat luar biasa," katanya.

Selain berkunjung ke sejumlah sekolah, pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri juga menggelar sesi kepelatihan singkat untuk 842 orang guru olahraga dan atlet tingkat SMP dan SMA di Gedung Serbaguna Kaliwates Jember.

Promotor pertandingan Timnas U-19 melawan Persid Jember, Agus Supriyadi, mengatakan kunjungan Timnas diharapkan dapat memotivasi siswa sekolah yang dikunjungi. Sekaligus memberi kebanggaan bagi masyarakat Jember didatangi skuat Garuda Nusantara.

"Coaching clinic bertujuan agar guru olahraga bisa membentuk seorang atlet untuk bisa menjadi bagian dari tim nasional sepakbola," tutup Guntur.