"Lebih Baik Akademi Chelsea Dibubarkan Saja"

  • Legenda Man United, Phil Neville, menilai Chelsea sudah gagal dalam menghasilkan pemain dari akademinya sendiri.
  • Phil Neville merasa prihatin dengan pemain lulusan akademi Chelsea yang jarang mendapatkan tempat di tim utama.
Jumat, 20 Oktober 2017 18:57 WIB
Penulis: Isman Fadil | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© INDOSPORT
Para pemain dari akademi Chelsea. Copyright: © INDOSPORT
Para pemain dari akademi Chelsea.

Tampil menawan di tim junior Chelsea tak memberikan masa depan yang begitu menjanjikan di tim utama. Ya, pembinaan pemain muda yang dilakukan oleh Akademi Chelsea mendapatkan kritikan tajam dari salah satu legenda Manchester United, Phil Neville.

Mantan pemain Everton itu menilai Chelsea sudah gagal dalam menghasilkan pemain dari akademinya sendiri. Hal tersebut berkaca dari komentar Antonio Conte selaku pelatih Chelsea yang mengeluhkan kurangnya kedalaman skuat karena banyak pemain kunci yang cedera.

Skuat akademi Chelsea. Copyright: Chelseafc.comSkuat akademi Chelsea.

Neville merasa di tengah krisis skuat Chelsea saat ini, Conte seharusnya memberikan kepercayaan pada pemain didikan Chelsea ketimbang meminjamkan ke klub lain. Tercatat, setidaknya The Blues kini punya 34 pemain yang dipinjamkan ke tim lain dan beberapa bulan belakangan mereka harus kehilangan dua lulusan akademi seperti Nathaniel Chalobah dan Nathan Ake yang memutuskan hengkang demi mendapatkan posisi di tim utama.

Phil Neville saat menjadi asissten pelatih di Valencia. Copyright: INDOSPORTPhil Neville saat menjadi asissten pelatih di Valencia.

Adik kandung dari Gary Neville ini juga mengatakan klub London Barat itu sebaiknya membubarkan saja akademi mereka jika tidak memberikan jam terbang kepada pemain mudanya.

“Jika Anda adalah manajer U-23, atau bagian dari skuat yang bermain di kompetisi pemain muda hari ini, maka Anda akan berpikir ‘Saya tidak punya masa depan di klub sepakbola ini’,” tutur Neville kepada BBC Five Live.

“Pemain-pemain muda seperti Ruben Loftus-Cheek, Nathaniel Chalobah, dan Lewis Baker semuanya punya posisi di Timnas Inggris junior. Namun Chelsea tidak memberi kesempatan pada mereka. Sebaiknya akademi Chelsea dibubarkan saja,” ketus legenda Inggris berusia 40 tahun itu.

Pelatih Crystal Palace, Sam Allardyce memutuskan untuk hengkang dari Selhurst Park. Copyright: Catherine Ivill - AMA/Getty ImagesMantan Pelatih Timnas Inggris, Sam Allardyce.

Kritikan tajam soal pembinaan di akademi Chelsea juga pernah diutaran oleh eks arsitek Timnas Inggris, Sam Allardyce. Menurutnya, sistem peminjaman para pemain muda di Chelsea adalah sesuatu yang berbahaya dan bisa memancing banyak pemain untuk pensiun di usia dini.

"Anda tak pernah melihat ada pemain muda yang berhasil menembus tim inti Chelsea dari akademi selama beberapa tahun terakhir. Menurut saya, sistem yang ada di sana amat berbahaya. Para pemain ini akhirnya akan menyelesaikan kontrak mereka dan pensiun," kata Allardyce dilansir Sky Sports.