Liga Europa

Red Star 0-1 Arsenal: Diselamatkan Giroud

  • Red Star Belgrade menjamu Arsenal dalam laga ketiga Grup H Liga Europa 2017/18.
  • Arsenal harus bersusah payah menundukan tuan rumah.
Jumat, 20 Oktober 2017 02:11 WIB
Penulis: Juni Adi | Editor: Galih Prasetyo
© Istimewa
Red Star Belgrade vs Arsenal. Copyright: © Istimewa
Red Star Belgrade vs Arsenal.

Arsenal berhasil meraih kemenangan dengan susah payah. Gol tunggal Meriam London dicetak oleh Olivier Giroud melalui aksi akrobatiknya.

Babak Pertama

Babak pertama dimulai, Arsenal langsung berinisiatif melakukan serangan. Namun peluang baru tercipta pada menit ke-12 saat Arsenal melakukan serangan melalui sektor sayap, namun berhasil dipatahkan barisan pertahanan tuan rumah. Tak mau terus ditekan, Red Star akhirnya membuka peluangnya pada menit ke-20, berawal dari serangan balik cepat dari sektor sayap, pemain Red Star langsung memberikan umpan silang, namun hanya tipis di sisi kanan gawang Cech.

Hingga waktu pertandingan sudah berjalan selama 30 menit, kedua tim masih saling jual beli serangan. Arsenal kembali mendapat peluang emas melalui tendangan bebas. Wilshere yang menjadi eksekutor mampu mengirim bola ke kotak penalti, namun bola tak bisa dikontrol dan menjadi rebuta. Bola liat yang jatuh di kaki Giroud tak mampu dikonversi menjadi gol, meski sudah berhadapan dengan kiper.

Red Star Belgrade vs Arsenal. Copyright: IstimewaRed Star Belgrade vs Arsenal.

Tuan rumah bukan minim peluang, mereka juga kerap membahayakan pertahanan Arsenal. Salah satunya adalah melalui striker mereka, Boakye yang berhasil menusuk dari sektor kanan pertahanan Arsenal, sayang tendangannya berhasil diblok Cech.

Tak berhenti sampai di situ, 10 menit jelang berakhirnya pertandingan babak pertama, tuan rumah mendapat peluang dari hasil sepak pojok. Lagi, lagi, sundulan Boakye tak mampu menembus jala gawang Arsenal karena hanya membentur tiang gawang. Hingga wasit meniup peluit, skor 0-0 tka berubah hingga turun minum.

Babak Kedua

Babak kedua dimulai, Arsenal langsung melancarkan serangan. Tiga kali beruntun Meraim London menekan dan mendapat peluang. Salah satu peluang emas di menit ke-50 ketika tendangan Reiss Nelson yang masih bisa dimentakan kiper lawan.

Bukan tanpa peluang, pemain Red Star juga kerap mendapat peluang emas. Salah satunya adalah tendangan yang dilesatkan dari sisi kanan Arsenal, namun berhasil diblok Cech.

Hingga menit ke-60, kedua tim masih sering jual beli serangan. Namun, di babak kedua ini, Arsenal mampu tampil lebih baik, terbukti dari beberapa peluang yang mereka ciptakan.

Unggul jumlah pemain, Arsenal akhirnya mampu memecah kebuntuan pada menit ke-84, melalui Olivier Giroud dengan tendangan akrobatiknya.

lih-alih ingin mencetak gol, tuan rumah justru mendapat petaka pada menit ke-81. Milan Rodic yang harus mendapat kartu merah dari wasit usai melanggar keras pemain Arsenal.

Ketetinggalan satu gol membuat Red Star tersengat untuk menyamakan kedudukan, serangan bertubi-tubi dilancarkannya. Namun, ketatnya lini pertahanan Arsenal membuat serangan tuan rumah kerap kandas. Wasit pun meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan babak kedua. Skor 1-0 untuk kemenangan Arsenal tak berubah.

Kemenangan ini membuat Arsenal berhasil meraih poin sempurna dengan 9 poin karena belum sekalipun mengalami kekalahan dan memuncaki klasemen Grup H. Sedangkan Red Star Belgrade, berada diurutan kedua dengan empat poin.

Susuna Pemain Kedua Tim:

Red Star Belgrade

Milan Borjan; Milan Rodic, Vujadin Savic, Damien Le Tallec, Filip Stojkovic; Mitchell Donald, Nenad Krsticic; Nemanja Radonjic, Guelor Kanga, Slavoljub Srnic; Richmond Boakye.

Arsenal

Petr Cech; Mathieu Debuchy, Mohamed Elneny, Rob Holding; Reiss Nelson, Francis Coquelin, Joseph Willock, Ainsley Maitland-Niles; Theo Walcott, Jack Wilshere; Olivier Giroud.