Liga Europa

Ricuh, Suporter Everton Pukul Pemain Lyon

Jumat, 20 Oktober 2017 11:53 WIB
Penulis: Riris Putri Ridaprilia | Editor: Joko Sedayu
© dailymail.co.uk
Ronald Koeman dalam jumpa pers. Copyright: © dailymail.co.uk
Ronald Koeman dalam jumpa pers.

Pertandingan pekan ketiga Liga Europa Grup E pada Jumat (20/10/17) dini hari WIB, mempertemukan wakil Inggris, Everton dengan wakil Prancis, Lyon.

Laga yang berakhir dengan skor 1-2 untuk kemenangan Lyon itu berlangsung panas dengan terjadinya keributan di saat pertandingan berlangsung.

Keributan tersebut berawal ketika kapten Everton, Ashley Williams mendorong penjaga gawang Lyon hingga membentur papan iklan di menit ke-63.

Pemain berusia 33 tahun tersebut beruntung karena tndakan di luar batasnya yang mengakibatkan kericuhan antar pemain dan penonton itu hanya diganjar kartu kuning oleh wasit Baj Nijhuis.

Hal ini patut diusut oleh UEFA untuk nantinya mengenakan sanksi tegas kepada pemain maupun klub yang terlibat.

Ketika diwawancara oleh BT Sport 2 selepas pertandingan, Ashley Williams hanya berkomentar "itulah yang terjadi, ini sepakbola. Itu penuh dengan emosi. Kami ingin menang, mereka ingin menang dan hal apapun bisa terjadi. Kejadian itu hanya salah satu dari situasi tersebut."

© Daily Mail
Ashley Williams mendorong penjaga gawang Lyon Copyright: Daily MailAshley Williams mendorong penjaga gawang Lyon

Hasil tersebut menjadi kekalahan keenam Everton di 10 laga terakhir mereka, dan membuat pelatih mereka, Ronald Koeman terancam posisinya dari kursi manajer Everton.

Dalam konferensi pers pasca pertandingan, Koeman sempat membela tindakan anak asuhnya itu dan menyalahkan wasit yang memimpin pertandingan.

“Ada kekesalan yang dirasakan Ashley saat itu karena dia adalah pemain yang ingin menang dan tidak dapat menerima kekalahan dengan banyak menerima kekecewaan. Tetapi saya pikir kesalahan juga terjadi pada wasit. Banyak pemain Lyon yang menciptakan drama di lapangan dan dia tidak menghukumnya.”

Sedangkan pihak tim tamu sendiri kecewa dengan apa yang terjadi di pertandingan itu di mana salah seorang pemain mereka terkena pukulan dari seorang suporter Everton.

© Daily Mail
Suporter Everton yang memukul pemain Lyon Copyright: Daily MailSuporter Everton yang memukul pemain Lyon

Suporter Everton tersebut sedang menggendong anaknya ketika melampiaskan amarahnya secara acak kepada pemain Lyon, Anthony Lopes. "Saya tidak berpikir jika atmosfer sepakbola inggris seperti itu, tetapi hal tersebut sudah terjadi," ujarnya saat diwawancara.

Dalam cuitannya di Twitter, Lyon menuliskan “Apa sepakbola seperti ini?” dengan mengunggah foto saat keributan terjadi.

Everton kini menempati posisi juru kunci di Grup E Liga Europa dengan raihan 1 poin atas hasil seri kala menjamu tim Siprus, Apollon.