Kualifikasi Piala Asia U-19 2018

Strategi Khusus Timnas U-19 Jelang Bentrok Lawan Korea Selatan, Apa Itu?

  • Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19, Indra Sjafri, mengklaim timnya telah memiliki strategi khusus jelang menghadapi Korea Selatan di kualifikasi Piala Asia U-19.
  • Strategi khusus apa yang akan diterpakna Indra Sjafri untuk Skuat Garuda Nusantara saat melawan Tim Negeri Gingseng?
Jumat, 20 Oktober 2017 13:51 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
© Petrus Manus Da'Yerimon/Indosport.com
Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19, Indra Sjafri. Copyright: © Petrus Manus Da'Yerimon/Indosport.com
Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19, Indra Sjafri.

Laga menghadapi Korea Selatan bukan pengalaman pertama untuk Indra Sjafri. Ia pernah membawa Timnas U-19 ‘era Evan Dimas’ menundukkan Timnas Korea Selatan  di Gelora Bung Karno pada tahun 2013 di babak kualifikasi Piala Asia 2014.

Indra mengakui dirinya telah menyiapkan strategi khusus bagi Egy Maulana Vikri dkk yang akan menghadapi Korea Selatan. Namun saat disinggung lebih lanjut, mantan arsitek Bai United itu enggan mengungkap detail strategi khusus apa yang akan diterapkannya.

"Kami sudah menyiapkan strategi yang akan dilakukan untuk bertanding menghadapi Korsel, namun secara detail kami tidak bisa menyampaikan kepada media. Intinya pemain Timnas sudah sangat siap menghadapi Korsel," ujar Indra Sjafri saat ditemui di Jember, seperti dilansir dari Antara.

"Saya juga heran, Indonesia dengan Korsel bisa satu grup lagi, namun saat ini Korsel sebagai tuan rumah. Berdasarkan analisa pertandingan terakhir, Korsel menang melawan Meksiko, sehingga kami sudah menyiapkan strategi untuk menghadapi mereka," tambahnya.

Egy Maulana Vikri berjibaku dengan pemain Timnas Thailand U-19. Copyright: INDOSPORT/Herry IbrahimEgy Maulana Vikri berjibaku dengan pemain Timnas Thailand U-19.

Timnas Indonesia U-19 saat ini berada di Jember dalam rangka uji coba melawan klub sepak bola Liga 3 Persid Jember yang akan digelar di Stadion Jember Sport Garden, Kabupaten Jember, Sabtu (21/10/17), esok.

Indra Sjafri menegaskan rangkaian uji coba termasuk melawan Persid Jember merupakan bagian dari persiapan jelang menghadapi Korea Selatan. Timnas U-19 melakukan tiga kali uji coba menjelang pertandingan melawan Korsel yakni menghadapi Kamboja dengan skor 2-0 untuk kemenangan Skuad Garuda Nusantara dan menang 3-0 melawan Thailand, dan uji coba terakhir akan bertanding melawan Persid Jember.

"Para pemain sudah sangat siap untuk menghadapi Korsel dan bagi saya babak kualifikasi itu sebagai uji kemampuan Timnas. Meskipun sudah dinyatakan lolos dalam Piala Asia karena sebagai tuan rumah, kami tetap serius menghadapi Korsel," jelas Indra.

Indra Sjafri dan Timnas U-19 saat melakoni latihan. Copyright: Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORTIndra Sjafri dan Timnas U-19 saat melakoni latihan.

Timnas Indonesia U-19 berada di Grup F Kualifikasi Piala Asia U-19 bersama Korea Selatan, Malaysia, Timor Leste dan Brunei. Kualifikasi Piala Asia U-19 akan berlangsung pada 31 Oktober-8 November 2017 dan Garuda Nusantara akan bertemu Korea Selatan U-19 pada 4 November 2017.