Manchester United, Bukan Klub 'Baru' bagi Mesut Ozil

Sabtu, 21 Oktober 2017 13:59 WIB
Penulis: Frederica | Editor: Yohanes Ishak
© Express.co.uk
Mesut Ozil diisukan akan bergabung dengan Manchester United. Copyright: © Express.co.uk
Mesut Ozil diisukan akan bergabung dengan Manchester United.

Nama Mesut Ozil kini menjadi perhatian banyak kalangan pasca isu yang beredar bahwa dirinya akan hengkang ke Manchester United. Menurut berbagai laporan, pemain Arsenal itu akan kembali bereuni dengan mantan pelatihnya, Jose Mourinho dengan status bebas transfer saat kontraknya habis pada Juni 2018 mendatang.

Namun nyatanya, ini bukan pertama kalinya Ozil dikaitkan kepindahannya ke Old Trafford. Pasalnya, mantan pemain Real Madrid itu sudah dua kali diisukan akan bergabung dengan skuat Setan Merah.

© The Sun
Mesut Ozil dirumorkan akan ke Manchester United pada musim depan. Copyright: The SunMesut Ozil dirumorkan akan ke Manchester United pada musim depan.

Pertama, pada tahun 2010 lalu, Ozil sempat dikaitkan dengan Man United. Melansir Give Me Sport (20/10/17), saat itu Wayne Rooney yang memberikan saran kepada pelatih legendaris Sir Alex Ferguson untuk bisa mendapatkan jasa Ozil.

Hanya saja, Ferguson menolak merekrut sang playmaker yang saat itu tengah memperkuat klub Werder Bremen                .

Salah satu editor Manchester Evening News, Samuel Luckhurst pun membongkar alasan mengapa pria asal Skotlandia itu menolak. Pasalnya, kemampuan Ozil dikatakan terlalu mengandalkan pada kaki kirinya.

Performa seorang pesepakbola yang hanya mengandalkan salah satu kakinya memang bisa menjadi dampak buruk bagi sang pemain, yang mana kelemahan mereka akan terlalu terlihat bagi lawan. Hal itu tentunya akan memberikan keuntungan tambahan bagi pihak lawan.

Oleh karena itu, Ferguson menolak mengamankan jasa sang pemain pada 2010 lalu dan Ozil pun bergabung dengan Real Madrid.

© INDOSPORT
Mesut Ozil saat memperkuat Real Madrid. Copyright: INDOSPORTMesut Ozil saat memperkuat Real Madrid.

Kemudian, tiga tahun berselang tepatnya pada 2013 lalu, Man United kembali mencoba peruntungannya untuk memboyong sang pemain dari Stadion Santiago Bernabeu. Sayangnya, pria berusia 29 tahun itu lebih memilih untuk mendarat di Emirates Stadium di hari terakhir jendela transfer.

Bahkan, kepindahannya ke Arsenal itu membuat dirinya memecahkan rekor transfer klub kala itu, dengan mahar mencapai 42,5 juta poundsterling atau sekitar Rp757,6 miliar.

© Indosport
Mesut Ozil. Copyright: IndosportMesut Ozil.

Kini, nampaknya pemain Timnas Jerman itu akan benar-benar singgah di Old Trafford usai dua kali gagal mencapai kesepakatan dengan Man United. Sosok Jose Mourinho pun diberitakan menjadi alasan utama sang pemain memilih bergabung dengan The Reds Devils.

Kedua pihak memang diketahui mempunyai hubungan yang baik, apalagi ketika masih sama-sama memperkuat Real Madrid. Sebagaimana diketahui, Ozil dan Mourinho sama-sama membela Los Blancos pada 2010 hingga 2013 lalu.

Kemudian, Ozil memutuskan bergabung dengan The Gunners sementara Mourinho hengkang ke Chelsea, sebelum akhirnya mengisi kursi kepelatihan Man United pada 2016 lalu.

© INDOSPORT
Mesut Ozil dan Jose Mourinho saat masih memperkuat Real Madrid. Copyright: INDOSPORTMesut Ozil dan Jose Mourinho saat masih memperkuat Real Madrid.

Pernah mempunyai catatan masa lalu yang baik dengan Mourinho nampaknya menjadi alasan Ozil ingin bergabung dan menjalin hubungan kerja sama lagi dengan pria asal Portugal lagi. Ditambah dengan nama klub Manchester United sendiri, yang tentunya bukan klub asing lagi bagi Ozil karena kaitan keduanya yang sudah berlangsung sejak 2010 lalu.

2K