Ini Bukti Jika Gol Deulofeu Tidak Sah

  • Barcelona berhasil cetak gol ke gawang Malaga pada menit ke-2 melalui sepakan Gerard Deulofeu.
  • Hingga saat ini, La Liga memang belum menerapkan sistem Video Assistant Referee (VAR).
Minggu, 22 Oktober 2017 05:43 WIB
Editor: Agus Dwi Witono
© Istimewa
Para pemain Malaga saat melakukan protes gol Gerard Deulofeu. Copyright: © Istimewa
Para pemain Malaga saat melakukan protes gol Gerard Deulofeu.

Kemenangan 2-0 Barcelona atas Malaga, Minggu (22/10/17) dini hari sedikit ternoda. Noda ini datang dari gol pertama yang dicetak Gerard Deulofeu pada menit ke-2. 

Dalam laga pekan ke-9 tersebut, Deulofeu sukses mencetak gol melalui sontekan kaki kanannya. Posisi Deulofeu saat mencetak gol tidak off-side. Poin utama yang membuat gol ini menjadi tidak sah adalah umpan yang dilakukan Lucas Digne.

Andres Iniesta merayakan gol ke gawang Malaga bersama Lionel Messi. Copyright: La LigaAndres Iniesta merayakan gol ke gawang Malaga bersama Lionel Messi.

Saat pemain bernomor 19 itu melakukan umpan, posisi bola sudah berada di luar garis lapangan. Tidak hanya sebagian, tapi sudah seluruh bagian bola berada di luar lapangan.

Para pemain Malaga sempat mengangkat tangan sebagai tanda bahwa bola sudah keluar lapangan lebih dulu. Inilah yang kemudian membuat Deulofeu dengan mudah menceploskan bola ke dalam gawang tanpa gangguan sama sekali. Karena para pemain Malaga sudah tidak lagi fokus dengan bola yang mereka anggap sudah keluar lapangan.

Saat Digne melepas umpan, posisi wasit Gonzalez Fuertes memang cukup jauh. Dia berada sedikit di luar kotak penalti Malaga. Bisa jadi jarak inilah yang membuat Gonzalez Fuertes tidak melihat dengan jelas posisi bola saat ditendang Digne.

Para pemain Malaga sempat melakukan protes terhadap wasit maupun hakim garis. Tapi putusan tidak berubah. Gol Deulofeu dianggap sah dan pertandingan harus tetap dilanjutkan. 

Hingga saat ini, La Liga memang belum menerapkan sistem Video Assistant Referee (VAR). Sehingga ketika ada situasi seperti saat Deulofeu mencetak gol, wasit tidak bisa mengubah putusan yang sudah diambilnya. Karena mereka tidak punya landasan kuat untuk mengubah putusan tersebut. Seperti yang bisa ditunjukkan melalui VAR.