"Kualitas Liga 1 Sejajar dengan Kompetisi Thai League 1"

Minggu, 22 Oktober 2017 10:21 WIB
Penulis: Muhammad Adiyaksa | Editor: Yohanes Ishak
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/Liga 1
Logo Liga 1. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/Liga 1
Logo Liga 1.

Kualitas Gojek Traveloka Liga 1 disejajarkan dengan Thai League 1, kompetisi level teratas Liga Thailand. Penilaian itu diungkapkan oleh pelatih Persija Jakarta, Stefano Cugurra Teco.

Arsitek asal Brasil itu pernah lama menetap di Negeri Gajah Putih. Menurut catatan website penyedia data statistik, Transfermarkt, Teco empat tahun berkelana di Liga Thailand.

Tiga klub Liga Thailand menjadi pelabuhan Teco selama empat musim. Masing-masing membesut Chiangrai United pada 2011-2013, Osotspa Saraburi FC (2014-2015), dan Royal Thai Navy FC (2015-2016).

© Muhammad Adiyaksa/INDOSPORT
Stefano Cugurra Teco Copyright: Muhammad Adiyaksa/INDOSPORTStefano Cugurra Teco.

Menurut Teco, persaingan kejuaraan Liga 1 tidak jauh berbeda Thai League 1. Merujuk, dari ketatnya perbedaan di papan klasemen antar-peserta.

"Saya pikir di Indonesia masih ada beberapa klub yang bisa menjadi juara karena jarak poinnya dekat-dekat," kata Teco di Bekasi.

"Saya pikir liga seperti ini sangat bagus dengan menunjukkan kualitas seperti di Thailand, di mana Buriram United berpeluang meraih gelar juara menggantikan Muangthong United," ucap pelatih asal Brasil tersebut.

Pernyataan Teco tersebut tentu mendasar. Saat ini, Buriram bercokol sebagai penguasa klasemen sementara Thai League 1 dengan 74 poin. Berselisih sembilan angka dari tim peringkat kedua, Muangthong United.

© wikipedia.org
Logo Thai League Copyright: wikipedia.orgLogo Thai League.

Pada musim lalu, Muangthong keluar sebagai juara. Adapun Buriram, hanya bertengger di peringkat lima klasemen akhir Thai League 1 musim 2016.

Teco pun melihat perjuangan peserta Liga 1 untuk memperbaiki peringkat di klasemen akan ketat hingga pertandingan penentuan. Yaitu, pekan ke-34 yang berlangsung pada pertengahan November mendatang.

"Mungkin penentuan juara di kompetisi ini akan terjawab hingga pertandingan terakhir dan tim-tim masih punya motivasi. Tak hanya di papan atas, di papan bawah juga bersaing ketat agar tidak degradasi musim ini seperti Semen Padang, Perseru Serui, dan Persiba Balikpapan yang menurut saya sampai akhir kompetisi akan tetap fighting," pungkas Teco.

435