Eks Pelatih Gagal Man United Gantikan Koeman di Everton?

Senin, 23 Oktober 2017 23:47 WIB
Penulis: Isman Fadil | Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

Ronald Koeman resmi dipecat sebagai pelatih Everton setelah timnya dikalahkan 2-5 oleh Arsenal di Stadion Goodison Park pada pekan ke-9 Liga Primer Inggris musim 2017/18.

Musim ini di bawah asuhan pelatih asal Belanda itu, The Toffees mencatatkan rangkaian hasil buruk. Betapa tidak, Wayne Rooney dan kawan-kawan bertengger di posisi 18 alias zona degradasi dengan koleksi 8 poin dari sembilan laga yang telah dimainkan. Everton mencatat 2 kemenangan, 2 seri, dan 5 kekalahan dalam periode tersebut.

" Everton memastikan Ronald Koeman meninggalkan klub," tulis Everton dilansir dari laman resmi klub.

"Pemilik Everton, Bill Kenwright serta dewan direksi dan pemegang saham mayoritas Farhad Moshiri mengucapkan terima kasih kepada Ronald atas dedikasi yang telah diberikannya kepada klub dalam 16 bulan terakhir dan membawa Everton ke posisi ketujuh di Liga Primer Inggris musim lalu," lanjut pernyataan tersebut.

© Robbie Jay Barratt - AMA/Getty Images
Pelatih Everton, Ronald Koeman. Copyright: Robbie Jay Barratt - AMA/Getty ImagesRonald Koeman resmi dipecat Everton.

Pemecatan Ronald Koeman dari kursi kepelatihan Everton langsung hadirkan berbagai rumor soal masa depan soal siapa yang bakal mengisi kursi panasnya. Tiga nominasi utama diapungkan yakni David Moyes, Rafael Benitez, dan Carlo Ancelotti. Ketiganya dipandang punya kualitas yang bisa mengangkat performa Everton musim ini.

Namun, manajemen Everton disinyalir akan lebih memilih David Moyes sebagai pelatih anyar. Seperti yang dilaporkan The Sun, mantan pelatih Manchester United itu kini menjadi kandidat kuat untuk menggantikan Ronald Koeman di Everton. 

© Athena Pictures/Getty Images
Mantan pelatih Everton, David Moyes. Copyright: Athena Pictures/Getty Images David Moyes menjadi kandidat kuat pelatih Everton selanjutnya.

Moyes bukanlah nama baru untuk klub yang bermarkas di Goodison Park tersebut. Pelatih 54 tahun itu pernah menukangi Everton dari tahun 2002 sampai 2013. Prestasi terbaiknya bersama Everton terjadi pada tahun 2005 di mana saat itu ia berhasil membawa rival sekota Liverpool itu masuk kualifikasi Liga Champions.

Pada tahun 2013, Moyes hengkang ke Manchester United untuk menggantikan Sir Alex Ferguson yang memutuskan pensiun dari dunia kepelatihan sepakbola. Sayangnya, pria Skotlandia itu menemui kegagalan dan hal yang sama juga ia dapati bersama Real Sociedad serta terakhir Sunderland.

1.3K