Resmi! Everton Pecat Ronald Koeman

Senin, 23 Oktober 2017 20:19 WIB
Penulis: Isman Fadil | Editor: Rizky Pratama Putra
© dailymail.co.uk
Ronald Koeman dalam jumpa pers. Copyright: © dailymail.co.uk
Ronald Koeman dalam jumpa pers.

Everton ngumumkan secara resmi pemecatan Ronald Koeman. Isu pemecatan pelatih asal Belanda ini memang telah santer terdengar setelah Everton melalui performa buruk musim ini, terutama setelah dikalahkan Arsenal dengan skor 2-5 di Liga Primer Inggris.

"Everton memastikan Ronald Koeman meninggalkan klub," tulis Everton dilansir dari laman resmi klub.

"Pemilik Everton, Bill Kenwright serta dewan direksi dan pemegang saham mayoritas, Farhad Moshiri mengucapkan terima kasih kepada Ronald atas dedikasi yang telah diberikannya kepada klub dalam 16 bulan terakhir dan membawa Everton ke posisi ketujuh di Liga Primer Inggris musim lalu," lanjut pernyataan tersebut.

© INDOSPORT
Para pemain Everton tepuk tangan sebagai bentuk apresiasi kepada para fans. Copyright: INDOSPORTEverton tampil buruk pada musim ini

Rangkaian hasil buruk yang diterima The Toffes membuat Wayne Rooney dan kawan-kawan berada di posisi 18 alias zona degradasi dengan koleksi 8 poin dari sembilan laga yang telah dimainkan. Everton mencatat 2 kemenangan 2 seri dan 5 kekalahan dalam periode tersebut.

© Alan Martin/Getty Images
Pelatih Everton, Ronald Koeman. Copyright: Alan Martin/Getty ImagesRonald Koeman dipecat dari kursi kepelatihan Everton.

Tidak hanya level domestik, peforma buruk Everton juga menjalar ke Eropa.  Meski berhasil tampil di fase grup Liga Europa, Everton tak berdaya menghadapi lawan-lawannya yang terbilang tangguh.

Serangkaian hasil negatif tentu tidak pantas untuk rival sekota Liverpool itu yang mengeluarkan biaya sebesar 158,2 juta euro (setara Rp2,5 triliun) untuk belanja pemain pada musim panas 2017.

184