Udinese 2-6 Juventus: Kemenangan yang Dihiasi Kartu Merah

Senin, 23 Oktober 2017 01:44 WIB
Editor: Agus Dwi Witono
© juventusfc
Selebrasi skuat Juventus usai menang atas Udinese. Copyright: © juventusfc
Selebrasi skuat Juventus usai menang atas Udinese.

Laga panas tersaji saat Udinese menjamu Juventus di Stadion Friuli, Minggu (23/10/17). Perbedaan posisi yang cukup jauh di klasemen sementara Serie A tak membuat Udinese menjadi inferior di hadapan Juventus.

Babak Pertama

Tampil di hadapan ribuan pendukung mereka, Udinese tampil spartan sejak menit pertama. Permainan cepat yang mereka peragakan segera membuahkan hasil.

Melalui sebuah serangan balik cepat, Perica membuat tuan rumah unggul lebih dulu. Tendangan kaki kiri Perica tak mampu dibendung Gianluigi Buffon.

Tersengat, Juventus menggencarkan serangan ke pertahanan Udinese. Serangan gencar ini membuat pertahanan Udinese menjadi gugup. Akibatnya, Samir justru memasukkan bola ke gawang timnya sendiri pada menit 14.

© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Udinese vs Juventus Copyright: Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORTUdinese vs Juventus

Tak puas dengan hasil imbang, Juventus tetap menekan pertahanan Udinese. Melalui umpan lambung Cuadrado, Juventus pun berbalik unggul pada menit ke-20. Sami Khedira menyambut umpan matang Cuadrado dengan sundulan yang tepat masuk ke dalam gawang.

Tensi pertandingan pun semakin tinggi. Para pemain dengan mudah tersulut emosinya. Salah satunya adalah Mario Mandzukic. Striker Juventus ini terlibat clash dengan Ali Adnan. Wasit pun mengeluarkan kartu kuning bagi keduanya.

Sial bagi Mandzukic. Karena tak mampu menjaga mulut sesuai menerima kartu kuning tersebut, Mandzukic pun diganjar kartu kuning kedua alias kartu merah. Juventus pun bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-26.

Unggul jumlah pemain, Udinese berbalik menekan Juventus. Namun sejumlah peluang yang didapat tidak bisa dikonversi menjadi gol. Keunggulan Juventus bertahan hingga babak pertama usai.

Babak Kedua

Udinese masih berusaha menekan Juventus dengan mengandalkan kelebihan jumlah pemain. Hasilnya cukup positif. Danilo berhasil menyamakan kedudukan melalui sundulan kepalanya. Melanjutkan umpan De Paul yang melakukan tendangan bebas di sisi kiri pertahanan Juventus.

Namun malapetaka akhirnya dialami skuat Udinese. Akibat protes yang dilakukan berlebihan, wasit Doveri pun mengusir pelatih Luigi Del Neri pada menit 51. Akibatnya Udinese tampil seperti anak ayam yang kehilangan induknya.

© juventusfc
Sami Khedira membawa bola pertandingan sebagai hadiah trigol yang dicetaknya ke gawang Udinese. Copyright: juventusfcSami Khedira membawa bola pertandingan sebagai hadiah trigol yang dicetaknya ke gawang Udinese.

Situasi ini dimanfaatkan dengan maksimal oleh skuat Juventus. Dengan kondisi 10 pemain, Juventus masih bisa menunjukkan determinasi mereka. Sejak Del Neri diusir, Juventus bisa kembali menguasai pertandingan.

Adalah Rugani yang membuat Juventus kembali unggul 3-2. Sundulan kepalanya menyambut umpan tendangan bebas Paulo Dybala tak mampu ditepis Bizarre.

Namun, sosok paling fenomenal dalam laga ini bagi Juventus tak lain dari Sami Khedira. Bagaimana tidak, gelandang senior ini mampu mencetak hat-trick ke gawang Udinese. Setelah gol pertamanya di babak kedua, Khedira menambah pundi-pundi golnya pada menit 59 dan dan 87. 

Pesta gol Juventus ke gawang Udinese ditutup oleh tendangan Miralem Pjanic saat pertandingan sudah memasuki menit 90. Tendangan keras kaki kanan Pjanic dari luar kotak penalti tak mampu dihalau kiper Udinese.

Meski bermain dengan 10 orang sejak menit ke-26, Juventus ternyata masih terlalu sulit untuk ditaklukkan Udinese. Kemenangan ini sangat penting bagi Juventus untuk bisa tetap bersaing di papan atas klasemen sementara Serie A.

Daftar Pemain Kedua Tim:

Udinese (4-2-3-1)

A. Bizarre , Ali Adnan, Danilo, Nuytinck , C. Samir, De Paul, Hallfredsson, Fofana, Jankto, Maxi Lopez, Perica

Juventus (4-4-2)

Buffon, Lichtsteiner, Rugani, Chiellini, Alex Sandro, Pjanic, Khedira, Cuadrado, Dybala, Mandzukic, Higuain

294